Kuliner

Menu Praktis Yang Bisa Dibawa Saat Plesiran Ke Luar Negeri

Travelers, kamu mau ke luar negeri dan merasa cemas kalau nanti bermasalah dengan makanan di sana? Atau kamu merasa lidahmu sangat Indonesia? Ya, memang sih kebanyakan orang Indonesia agak susah meninggalkan rasa otentik nusantara bila harus melancong selama beberapa minggu atau bulan ke luar negeri. Biar tidak kagok dan bisa bertahan, simak yuk rekomendasi makanan praktis dari Pegipegi yang bisa kamu bawa.

 

Dendeng atau Rendang

Foto 1 Makanan Yang Bisa Dibawa ke Luarnegeri

Travelers, kamu harus tahu kalau tidak semua negara memberi ijin masuk olahan daging. Namun, kamu bisa mencoba membawa dalam jumlah sedikit. Beberapa orang bilang nasibnya untung-untungan untuk bisa membawa menu ini ke luarnegeri. Kalau pengin sesuai birokrasi, kamu bisa beli dalam bentuk kemasan yang dibungkus dengan baik sambil diberi informasi detail. Tidak ada salahnya untuk mencoba, ‘kan? Dan jangan lupa untuk men-declare barang bawaan agar kamu tidak bermasalah saat pemeriksaan di custom section.

 

Abon

abon sapi

Menu yang satu ini juga menjadi favorit bawaan travelers Indonesia saat pergi ke luar negeri. Selain praktis, kamu juga bisa menyantapnya dengan lauk lain. Kebanyakan orangtua yang pergi dengan anak-anak tidak akan melewatkan menu abon karena kebanyakan anak-anak memang menyukainya. Abon juga sangat khas dengan lidah orang Indonesia yang tidak mudah beradaptasi dengan makanan luar. Nah travelers, kalau kamu berniat membawanya, ingat selalu untuk membawa produk berlabel karena pemeriksaan di bandara negara tujuan pasti sangat ketat.

 

Makanan Kering

Foto 3 Makanan Yang Bisa Dibawa ke Luarnegeri

Kalau kamu hanya traveling ke luar negeri dalam waktu singkat, menu teri kacang, kering tempe dan kering kentang juga bisa dijadikan pilihan. Selain praktis, kamu dapat langsung menyantapnya dengan nasi. Saking tidak bisa beradaptasi, bahkan sebagian orang membawa rice cooker mini ketika bepergian. Kalau lidah kamu juga punya tipe sama, tidak ada salahnya untuk membawa menu ini. Yang perlu diperhatikan, usahakan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup kencang lalu ditutup lagi dengan plastik untuk menghindari kebocoran minyak. Dengan begitu, pemeriksaan di custom section jadi lebih mudah.

 

Mie instant

mie instan

 

Ini dia menu favorit pelancong Indonesia yang sulit menerima perbedaan rasa kuliner saat berkunjung ke luar negeri. Selain praktis, cara membuatnya juga sangat gampang. Kamu bisa membawa beberapa bungkus mie instant dengan rasa sesuai selera. Atau, kamu bisa bawa dalam bentuk cup karena mudah dibawa. Membuatnya pun cukup singkat karena hanya tinggal menuangkan air panas, didiamkan, lalu disantap.

 

Pelengkap makanan

Foto 5 Makanan Yang Bisa Dibawa ke Luarnegeri

 

Apa itu pelengkap makanan? Singkat kata, yang termasuk dalam pelengkap makanan adalah pendamping makanan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Contohnya adalah saos tomat, saos cabai, bumbu pecel ataupun kecap manis. Jangan heran ya travelers, ternyata ada lho orang yang saat makan tidak bisa lepas dengan kecap manis atau saos cabai. Menurut mereka, makanan terasa hambar tanpa kedua pelengkap makanan tersebut. Kalau pengen ringkas, kamu bisa bawa dalam bentuk sachet. Dengan begitu kamu bisa makin irit saat mengonsumsinya di luar negeri. Lalu bagaimana dengan minuman? Kalau kamu suka kopi lokal, tidak ada salahnya membawa dalam bentuk sachet. Namun ingat ya, harus berlabel. Lebih bagus lagi kalau labelnya punya keterangan bahasa Inggris.

 

Travelers, hal penting yang harus diperhatikan adalah kamu jujur dengan apa yang kamu bawa. Pastikan untuk membaca dan mematuhi barang apa saja yang tidak boleh dibawa masuk ke suatu negara. Kalau tidak yakin, kamu bisa menanyakannya langsung pada petugas sehingga kamu bisa terhindar dari denda atau bahkan kurungan penjara. Gak mau dong rencana liburan yang sudah tersusun rapi berantakan gara-gara hal ini?

Terakhir, apapun yang kamu bawa, siapkan semua jawaban dari semua barang-barang tersebut karena bisa jadi petugas imigrasi akan menanyakannya padamu saat pemeriksaan barang. Yuk, siap-siap berangkat!

 

(Visited 7,260 times, 8 visits today)

Comments

To Top