Destinasi

Menjangan, Pulau Tanpa Penghuni di Taman Nasional Bali Barat

Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang berada di 5 mil barat laut Pulau Bali, juga bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Letaknya di bagian utara Pulau Bali yang merupakan wilayah teritorial Kabupaten Buleleng. Pulau Menjangan tidak berpenghuni dan di sana hanya ada satwa.

Namun, Pulau Menjangan selalu menjadi incaran para pecinta alam laut. Bagi yang suka dengan sensasi menyelam, wajib banget mampir ke Pulau Menjangan. Menjangan berasal dari Bahasa Jawa yang artinya rusa atau kijang, karena di pulau ini dihuni kawasan rusa atau kijang liar. Pada setiap musim semi akan terlihat banyak kawanan rusa liar yang sedang berenang di pulau ini dengan jarak sekitar 1,2 mil. Akan tetapi jumlah rusa liar semakin menurun untuk jumlahnya di pulau ini.

Pulau menjangan sendiri terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat, tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, atau sekitar 60 km dari Pantai Lovina. Jika berangkat dari Denpasar, kamu bisa mengambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dengan waktu tempuh sekitar empat jam perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru. Disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi agar lebih efisien. Namun, jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, dapat memulai perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk mencapai Pulau Menjangan, kamu harus menyeberang dengan motorboat selama 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih. Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Dari kejauhan, kamu sudah bisa melihat pemandangan daratan yang memukau. Kebayang nggak dengan pemandangan bawah lautnya? Jelas lebih indah lagi! Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray.

Di dalam gua-gua kecil ini, kamu akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik. Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu.

Pengin liburan ke Pulau Menjangan? Yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top