Destinasi

Menilik Pesona Ibukota Indonesia yang Baru, Penajam Paser Utara

Indonesia bakal memiliki ibukota baru. Selain Kabupaten Kutai Kartanegara, semua pusat pemerintahan bakal berpindah dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan beribukta di Penajam, Penajam Paser Utara merupakan kabupaten termuda kedua di Kalimantan Timur setelah Kutai Kartanegara. Maklum, kabupaten ini baru dibentuk pada 2002 lalu dengan empat kecamatan di dalamnya, Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku.

Dengan semboyan daerah Benuo Taka yang berarti Kampung Halaman Kita, Penajam Paser Utara menjadi rumah bagi 159,386 jiwa dengan rata-rata kepadatan 47,82 jiwa per kilometer persegi (data 2018). Rata-rata masyarakatnya merupakan petani dan nelayan yang sangat handal.

Berbatasan langsung dengan Selat Makassar membuat Penajam Paser Utara punya potensi besar untuk membangun pusat pemerintahan dan perekonomian Indonesia yang baru.

Hadir dengan luas wilayah mencapai 3,333,06 kilometer persegi, juga sempat dihuni dua suku adat yang sangat berpengaruh, Suku Paser Tunan dan Suku Paser Balik. Keduanya adalah kelompok masyarakat yang pertama kali membangun struktur pemerintahan di Penajam Paser Utara lewat beberapa kerajaan-kerajaan kecil bernama Kerajaan Adat.

Dengan lanskap kawasan khas pesisir, Penajam Paser Utara memiliki banyak sekali tujuan wisata yang menarik untuk dikulik. Salah satunya adalah Pulau Gusung di kawasan Pantai Tanjung Jumlai.

Seperti Raja Ampat, Pulau Gusung hadir dengan empat gugusan pasir gusung yang dikelilingi oleh terumbu karang cantik. Di sini, kamu bisa menemukan 47 jenis ikan yang hidp berdampingan dengan 56 jenis karang laut. Salah satu ikan yang paling dilindungi adalah ikan Napoleon.

Selain Pulau Gusung, Penajam Paser Utara juga memiliki Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Sipakario yang nggak kalah menawannya. Keduanya dianggap sebagai spot paling cocok bagi wisatawan yang ingin berburu sunset memesona.

Soal kebudayaan, Penajam Paser Utara memiliki beragam pesta adat yang dipengaruhi keberadaan Suku Dayak Paser. Mulai dari Pesta Ada Nondoi, Pesta Pantai Sipakario, dan Pesta Pantai Lango yang digelar sebagai selebrasi atas hasil laut yang melimpah.

Foto oleh: Ganila

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Samarinda dan cari hotel murah di Samarinda lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Samarinda cari hotel murah di Samarinda

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top