Event & Festival

Menilik Makna di Balik Tradisi Ogoh-ogoh Jelang Nyepi

Bagi seluruh umat Hindu di Indonesia maupun dunia, Hari Raya Nyepi adalah momen yang sangat suci dan sakral. Pada setiap perayaannya, Nyepi mengajak umatnya untuk berdamai dalam kesunyian dan refleksi diri.

Namun, sebelum hari khidmat Nyepi digelar, berbagai atraksi unik bisa kamu nikmati. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah kehadiran Ogoh-ogoh.

Dengan penampakan menyeramkan dan sangar, Ogoh-ogoh biasanya diarak keliling desa sebelum Hari Raya Nyepi yang dikenal dengan malam Pangrupukan. Sebelum nantinya akan dibakar dalam ritual Tawur Agung Kesanga.

Ada banyak pertanyaan mengenai sosok yang digambarkan dalam wujud Ogoh-ogoh. Nah, dari sejarah yang ada, Ogoh-ogoh merupakan wujud dari Bhuta Kala.

Dalam mitologi Hindu, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok raksasa yang jahat. Ia nggak segan mengganggu kestabilan dan kedamaian di sekeliling manusia. Kata Bhuta dan Kala sendiri punya arti energi yang mengakibatkan kegelapan.

Bhuta Kala sendiri merupakan ciptaan dari Bhatara Siwa atau Dewa Siwa. Ia berhasrat menciptakan alam semesta dengan mengutus keempat putranya, Sang Korsika, Sang Garga, Sang Maitridan dan Sang Kurusya. Sayang, karena gagal, ia pun mengutuk mereka menjadi Bhuta Kala.

Nah, putra kelimanya, Sang Pretanjala pun yang akhirnya mengemban tugas keempat saudaranya. Dengan bantuan sang ibu, Dewi Uma, ia mampu menciptakan sang alam semesta bernama Bhuwana Agung beserta para mahluk halus.

Nah, ritual pembakaran Ogoh-ogoh ternyata punya makna tersendiri, lho. Lantaran Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang jahat, pembakaran ini dimaksudkan untuk melenyapkan sifat buruk dalam diri manusia.

Sehingga, pada masa yang akan datang, manusia yang awalnya memiliki niat atau pernah melakukan perbuatan jahat agar nggak mengulanginya lagi. Pada intinya, pembakaran Ogoh-ogoh adalah usaha untuk kembali suci, baik secara jasmani maupun rohani.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top