Destinasi

Menilik Makna di Balik Keunikan Sawah Jaring Laba-Laba khas Ruteng, Flores

Pulau Flores selalu bikin liburan kamu seru dan mengasyikan. Selain dapat bersantai di pinggir pantai cantik, kamu juga bisa menikmati suasana asri khas persawahan, salah satunya Sawah Jaring Laba-Laba Ruteng.

Terletak di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, area persawahan yang satu ini cukup unik. Lantaran bentuk petakan sawah yang menyerupai jaring laba-laba!

Yang bikin menarik, beberapa petakan sawah yang membentuk segitiga mengerucut ke tengah, menciptakan sebuah lingkaran berdiameter besar. Panorama luar biasa ini bisa kamu tangkap sempurna dengan jepretan kamera drone.

Buat kamu yang hanya bermodalkan kamera poket, Sawah Jaring Laba-Laba Ruteng tetap bisa dinikmati. Hadirnya bukit hijau di pinggir sawah bakal memudahkan kamu mendapatkan gambar bagus dengan peralatan yang minimal.

Keberadaan Sawah Jaring Laba-Laba bukan tanpa alasan, lho. Penempatan petakan sawah yang mengerucut dan membentuk jaring laba-laba ini menjadi tradisi bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai.

Lantaran sangat akrab dengan kehidupan yang agraris, masyarakat Manggarai mengenal Lingko, yaitu pembagian lahan sawah yang bermula dari titik di tengah. Semakin besar petakan sawah yang dimilki, semakin tinggi pula kedudukan pemiliknya di dalam masyarakat.

Terlepas dari tradisinya, Sawah Jaring Laba-Laba menjadi salah satu wisata yang nggak boleh kamu lewatkan saat main ke kawasan Ruteng. Dikelilingi pegunungan Ruteng yang menawan, kamu bisa menghirup udara bersih dan sejuk sambil memandang panorama hijau dan asri di sini.

Buat main ke sini, kamu harus berkendara selama 30 menit dari kota Ruteng. Sesampainya di Pasar Cancar, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang ojek motor menuju kawasan Sawah Jaring Laba-Laba Ruteng ini.

Tertarik buat main ke sini? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo, dan cari hotel murah di Labuan Bajo lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah di Labuan Bajo cari hotel murah di Labuan Bajo

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top