Destinasi

Menikmati sensasi private beach di Pantai Mawun, Lombok

pantai mawun

Lombok tidak hanya tentang Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tapi tempat ini juga punya Pantai Mawun yang kini sedang naik daun. Sebagai salah satu pantai terindah yang dimiliki oleh Lombok, Pantai Mawun pun terus berbenah agar bisa mengundang lebih banyak wisatawan untuk berbondong-bondong datang dan membuktikan pesonanya yang ampuh. Kalau kamu baru pertama kali mendengar Pantai Mawun, Pegipegi punya ulasannya buat kamu di bawah ini.

pantai mawun

foto: lombok.biz

Lokasi Pantai Mawun

Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Dari kota Mataram, jaraknya sekitar 60 km dan bisa ditempuh sejauh 1,5 jam. Rute yang bisa kamu pilih adalah : Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Penujak – Selong Belanak – Pantai Mawun.

Akses jalannya memang masih belum rata, tapi kamu nggak usah khawatir karena penduduk setempat orangnya ramah-ramah kok. Jadi kalau kamu bingung, kamu bisa tanya pada penduduk setempat. Sedangkan tiket masuk ke Pantai Mawun adalah Rp5.000* bila naik motor dan Rp10.000* bila naik mobil.

 

Lakukan ini di Pantai Mawun

Sebenarnya, Pantai Mawun adalah bagian dari sebuah teluk yang lokasinya ada di Lombok bagian selatan. Yang unik adalah bahwa kalau di lihat dari atas, garis pantainya punya bentuk yang mirip dengan tapal kuda. Pemandangan makin terlihat eksotis dengan kehadiran 2 bukit bernama Bukit Pengolo dan Bukit Nettem yang letaknya ada pada bagian timur dan barat Pantai Mawun. Posisi kedua bukit yang begitu kentara ini terlihat seperti pintu gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang.

Pasir putih selembut sutera juga bisa kamu temukan di sini. Berjalan-jalan sambil bertelanjang kaki pun tidak masalah karena kamu bisa merasakan langsung suasana pantai yang sebenarnya sambil mengitari kawasan Pantai Mawun. Oh ya, pasir putih yang lembut ini lebih banyak terlihat pada sisi pantai bagian tengah. Sedangkan kalau kamu melangkahkan kaki ke bagian barat, tekstur pasirnya agak kasar karena sudah ada campuran pecahan karang.

Buat kamu yang hobi banget dengan fotografi, di sini kamu bisa menuntaskan dahaga untuk memotret berbagai macam objek bertemakan pantai yang cukup menawan. Air pantai yang berwarna biru kehijauan ini nampak sangat sempurna bila dipadukan dengan bukit hijau yang mengapit pantai. Warna yang begitu kontras membuat suasana di pantai ini sanggup memanjakan travelers yang datang. Foto-foto landscape menawan dari Pantai Mawun memang layak untuk dipamerkan pada dunia.

Selain mengincar pemandangan spektakuler di Pantai Mawun, lalu apalagi yang bisa dilakukan? Macem-macem, travelers. Kalau hobi renang, kamu bisa melakukannya dengan bebas. Tapi harus tetap hati-hati ya karena ombak yang datang pada sisi pantai bagian tengah relatif lebih besar dibandingkan pada sisi sebelah timur dan barat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi kalau mau aman, mendingan kamu memilih lokasi pantai yang ada pada bagian timur dan barat karena ombaknya cukup tenang dan terlindung oleh bukit.

Beda lagi kalau kamu lagi kepengin nyantai saat liburan. Kamu bisa rileksasi dengan berjemur atau membaca dan menamatkan buku favorit. Biarpun lokasi Pantai Mawun Lombok ini terkesan terisolasi, namun kamu tidak akan pernah menyesal mengunjunginya karena panorama sempurna sebuah pantai bisa kamu temukan di sini. Waktu paling pas buat mengunjungi Pantai Mawun Lombok tentu di pagi dan sore hari karena atmosfirnya masih sejuk dan jauh lebih tenang.

Biarpun tempat ini begitu asri dan masih alami, namun pelayanan dan fasilitasnya tentu masih harus ditingkatkan agar lebih dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Sayang ‘kan kalau potensi daerah seperti ini tidak dipoles lebih cantik lagi.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 2,297 times, 3 visits today)

Comments

To Top