Destinasi

Menikmati Sejuknya Tawangmangu, Tempat Keluarga SBY Liburan

Setelah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah 2017) selesai, SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) mengajak keluarga besarnya liburan ke Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah yang terkenal akan kesejukannya. Mungkin kamu sudah melihat foto-foto liburan keluarga SBY yang beredar di media sosial, tapi tidak ada salahnya jika kamu mengenal Tawangmangu lebih dalam sebelum berkunjung ke sana.

Wajib main di Air Terjun Grojokan Sewu

Family Time #Tawangmangu #GrojoganSewu #KeluargaNomorSatu

A post shared by Annisa Pohan (@annisayudhoyono) on

SBY dan keluarga aja mampir ke Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di lereng Gunung Lawu. Air terjun dengan ketinggian 81 meter ini memiliki keindahan yang sangat memesona. Untuk mencapai lokasi tersebut, kamu harus mencapai 1.250 anak tangga dulu. Itulah sebabnya nama air terjun ini adalah Grojogan Sewu yang memiliki arti air terjun seribu. Memang terlihat berat untuk mencapai puncak, tapi kalau sudah sampai ke atas dan melihat betapa indah dan sejuknya Air Terjun Grojogan Sewu, rasanya worth it banget!

Kita hanyalah kecil di HadapanNYA Mensyukuri ciptaannya yang indah #GrojoganSewu #Tawangmangu

A post shared by Annisa Pohan (@annisayudhoyono) on

Ada beberapa titik air terjun yang bisa kamu temui di sana. Air terjun yang paling tinggi tentu aja berada di ketinggian 81 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi, tapi pancurannya meluas dan membentuk banyak cabang. Grojogan Sewu juga memiliki kawaan hutan yang ditumbuhi banyak pohon dan dihuni banyak monyet jinak. Banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana antara lain kolam renang, Taman Binatang Hutan, kedai makanan, musholla, kios cinderamata. Untuk yang suka menantang adrenalin, kamu bisa mencoba flying fox. 

kolam-renang-grojokan-sewu

Kolam renang di Grojogan Sewu (foto oleh: muindonesia.com)

Masih banyak tempat wisata menarik di Tawangmangu

Bukan hanya Grojogan Sewu yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke Tawangmangu, tapi kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainnya, seperti:

1. Air Terjun Jumog

Sama seperti Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun Jumog juga masih berada di lereng Gunung Lawu dan nggak kalah indah. Udara di sekitarnya pun sangat sejuk. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya butuh menaiki 116 anak tangga. Nggak terlalu berat seperti Air Terjun Grojogan Sewu kan?

2. Gunung Lawu

gunung-lawu

foto oleh: bintang.com

Sudah mampir ke Air Terjun Grojogan Sewu dan Jumog, masa kamu nggak mampir ke Gunung Lawu? Gunung dengan ketinggian 3.265 meter di atas pemukaan laut ini memiliki tiga buah puncak, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Sebenarnya, Gunung Lawu adalah gunung berapi, tapi sedang memasuki fase istirahat.

3. Agrowisata Sondokoro

Di Agrowisata Sokondoro, kamu bisa melihat langsung bagaimana gula dibuat sampai selesai dan siap dipasarkan, soalnya tempat wisata ini masih berada di satu area dengan pabrik tebu Karanganyar. Selain itu, kamu juga bisa melepas stres dengan bermain flying fox, berenang di waterbom, fish spa, dan lain-lain.

4. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan candi peninggalan Agama Hindu yang juga berada di lereng Gunung Lawu. Ketika kamu menuju Candi Cetho, mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan indah berupa perkebunan teh milik warga. Untuk kamu yang beragama Hindu, tentunya berkunjung ke candi ini bisa kamu manfaatkan untuk ritual keagamaan, sedangkan bagi yang sekadar berkunjung, diharapkan agar nggak berisik dan mengganggu orang lain yang tengah beribadah. Jangan lupa gunakan pakaian yang sopan, ya!

5. Air Terjun Pringgodani

air-terjun-pringgodani

foto dari: iyaa.com

 

Kalau mau berkunjung ke air terjun yang lebih tinggi daripada Grojogan Sewu, kamu bisa melipir ke Air Terjun Pringgodani yang memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Selain bisa dinikmati keindahan dan kesejukannya, Air Terjun Pringgodani juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata religi karena di sana ada Rumah Joglo yang digunakan untuk sembahyang.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

SBY aja mengajak keluarga besarnya liburan ke Tawangmangu dengan menggunakan kereta api dan transit dulu di Stasiun Solo Balapan. Masa kamu nggak mau naik kereta api?

We are going home

A post shared by Annisa Pohan (@annisayudhoyono) on

Dari Solo, kamu bisa ke Tawangmangu dengan kendaraan darat dan menempuh perjalanan selama 1 jam. Agar bujet liburan kamu murah, yuk, pesan tiket kereta api murah ke Solo lewat Pegipegi! Jangan lupa cari hotel murah dekat Stasiun Solo Balapan, ya! Selamat menjelajah Tawamangu!

pesan tiket kereta api murah ke solo cari hotel murah dekat stasiun solo balapan  cari hotel murah lain di solo

Foto utama: tekooo.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 716 times, 3 visits today)

Comments

To Top