Destinasi

Menikmati Megah dan Indahnya Istana Maimun di Medan

Bukan hanya terkenal akan wisata Danau Toba atau kulinernya yang memikat. Namun, Medan juga punya istana megah nan cantik, yaitu Istana Maimun yang berlokasi di jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid, Medan. Istana tersebt dibangun tahun 1888 oleh Raja ke-9 Kesultanan Deli, tapi baru diresmikan pada 18 Mei 1891.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dan terdapat 30 ruangan di atas lahan seluas 2.772 meter persegi. Arsitekturnya memadukan gaya Melayu, Belanda, Spanyol, Turki, India, dan Italia. Di bagian atapnya dipengaruhi gaya Timur Tengah karena menyerupai perahu terbalik. Sedangkan, gaya Eropa bisa dilihat pada lampu, meja, pintu, dan jendelanya yang lebar. Kalau gaya Belanda bisa kamu lijat dari marmer prasasti di depan tangga yang bertuliskan Bahasa Belanda.

Warna yang mendominasi di sana adalah kuning, soalnya kuning dianggap sebagai warna kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara sekaligus melambangkan warna Melayu. Terdapat tiga bagian di Istana Maimun, yaitu bagian utama dan dua lagi di sayap kiri dan kanan. Di bagian utamanya terdapat ruangan besar yang dulunya dipakai untuk kegiatan adat. Sekarang, digunakan untuk melihat koleksi peninggalan kerajaan.

Yang menarik lagi di sana adalah adanya bangunan kecil beratap ijuk di sisi kanan istana. Di sana terdapat Meriam Puntung yang disebut juga meriam buntung dengan legenda penjelmaan putri yang cantik. Disebutkan, Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali nan cantik jelita.

Untuk kamu yang pengin foto-foto di Istana Maimun, kamu bisa menyewa baju ala kerajaan dan berpose ala bangsawan di sana. Gimana travelers? Jadi pengin main-main ke Istana Maimun? Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Medan dan cari hotel murah lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan  pesan tiket kereta api murah ke Medan  cari hotel murah lain di Medan

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top