Destinasi

Menikmati ketenangan di Gili Meno, Lombok

Image-472x394

Image-472x394
Kalau bicara soal Lombok, biasanya pikiran travelers pasti langsung menuju Pantai Senggigi atau Gili Trawangan yang semarak. Tapi, jangan lupa travelers, Lombok masih punya beberapa pulau kecil yang tak kalah indah dari Gili Trawangan. Salah satunya yang cukup populer adalah Gili Meno.

Sebagian besar dari kamu pasti tahu kalau Gili Meno ini termasuk dalam ‘tiga besar’gili di Lombok yang juga meliputi Gili Trawangan dan Gili Air. Ketiga pulau ini terletak di barat laut pulau utama Lombok, di mana Gili Meno merupakan gili yang terkecil.

Meskipun namanya sudah lumayan populer, Gili Meno menawarkan pesona yang jauh berbeda dibandingkan Gili Trawangan. Jika Gili Trawangan dikenal sebagai surganya pesta bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, Gili Meno justru menawarkan suasana tenang dan damai. Tapi, bukan berarti suasana di sini membosankan lho.

Di Gili Meno, aktivitas utama yang bisa kamu lakukan adalah menikmati keindahan bawah laut yang begitu jernih sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasarnya. Pantai-pantai di Gili Meno juga terbilang relatif sepi dari serbuan turis, sehingga kamu bisa menikmati suasana dengan santai layaknya berada di pantai pribadi. Oya, kalau kamu tidak tahan dengan sengatan matahari, gak perlu takut, travelers. Pasalnya, di sepanjang pantai Gili Meno tersedia gazebo-gazebo yang teduh dan nyaman.

Untuk travelers yang memang doyan snorkeling ataupun diving, ada baiknya kamu menjelajah ke pantai bagian barat pulau. Di sini kamu akan menemukan banyak spot menyelam yang indah seperti Meno Wall dan Turtle Point. Khusus untuk lokasi terakhir, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat penyu-penyu yang tengah berenang di sana.

Bicara soal penyu, kamu pun bisa menemukan lokasi penangkaran penyu laut di Gili Meno, travelers. Tempat penangkaran penyu yang kabarnya dibuat atas kontribusi salah satu LSM Italia. Sedikit disayangkan melihat tempat penangkaran ini terasa kurang diperhatikan dibandingkan yang ada di Gili Trawangan.

Satu lagi destinasi yang gak kalah seru dikunjungi saat berada di Gili Meno adalah Taman Burung alias Gili Meno Bird Park. Taman burung ini terletak tidak jauh dari dermaga kok, travelers. Jadi kamu pasti bisa menemukannya dengan mudah. Kondisi yang cukup terawat serta keanekaragaman spesies burung yang ada di sini membuat Gili Meno Bird Park tujuan yang sangat sayang dilewatkan.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Gili Meno tentunya adalah trekking. Kalau kamu ingin menjelajah seluruh pulau, kamu bisa kok mengitarinya dengan berjalan kaki, mengingat Gili Meno cukup kecil. Untuk mengitari seluruh Gili Meno dengan berjalan kaki umumnya akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit. Tapi, kalau kamu mengkhawatirkan kondisi fisik (terutama kaki) kamu, coba saja sewa sepeda atau cidomo (andong). Tarif penyewaan cidomo untuk tur keliling pulau rata-rata adalah Rp 175 ribu.

Gili Meno memang cocok dikunjungi travelers yang ingin menjauh dari keriuhan Bali dan Gili Trawangan. Perjalanan menuju Gili Meno pun tidak terlalu sulit kok. Setelah tiba di Mataram, Lombok, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal, yang terletak di Senggigi, sekitar 2 jam dari Mataram. Untuk menuju pelabuhan, kamu punya dua opsi transportasi, yaitu taksi dan bus Damri AC. Jika kamu bepergian ala backpacker, tentu saja pilihan bus lebih menguntungkan secara finansial, mengingat tarif rata-rata taksi menuju Senggigi bisa mencapai Rp 350 ribu. Saat tiba di Pelabuhan Bangsal, kamu harus sedikit sabar ya, karena kapal penyeberangan menuju Gili Meno memang lebih sedikit dibandingkan yang menuju Gili Trawangan. Jadi, kamu harus menunggu sedikit lebih lama. Tapi, keindahan yang sudah menanti di pulau mungil itu tentunya akan segera menghapus rasa lelah dan bosan kamu, travelers.

 

Gimana, travelers? Makin tertarik mendatangi Gili Meno? Pegipegi punya rekomendasi hotel yang asyik nih buat liburan di sana

 

 

 

(Visited 1,618 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top