Destinasi

Menikmati Kesejukan yang Hakiki di Grojogan Sewu, Tawangmangu

Lagi liburan di Solo dan punya waktu luang yang banyak? Main aja ke kawasan Tawangmangu, yuk! Di sana, kamu bisa berburu kesegaran di Air Terjun Grojogan Sewu!

Berada di Kabupaten Karanganyar, Grojogan Sewu adalah spot wisata yang pas banget buat melepas stress setelah bekerja keras berhari-hari. Suasana di sekitar Hutan Wisata Grojogan Sewu sangat sunyi dan mendamaikan hati.

Ada banyak pepohonan besar yang berusia ratusan tahun lamanya yang dibalut dengan cuaca sejuk khas Tawangmangu. Sesekali, kamu bisa mendengar kicauan sejumlah burung yang telah langka, terbang rendah menghampiri mangsanya yang berada di kolam air terjun.

Grojogan Sewu sendiri merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang artinya ‘pancuran air seribu’. Beberapa kalangan menduga kata ‘sewu’ digunakan sebagai nama air terjun eksotis ini karena ada banyak sekali grojogan atau pancuran di beberapa titik. Grojogan ini terbentuk karena kontur tanah di sekitar Grojogan Sewu yang memang menurun dan berbatu-batu.

Namun, ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa nama Grojogan Sewu diberikan karena air terjun ini tinggi banget, hampir sekitar seribu pecak (satuan jarak untuk mengukur tinggi suatu benda/obyek yang digunakan masyarakat setempat). Lebar satu pecak kira-kira adalah satu telapak tangan orang dewasa.

Terlepas dari berbagai versi sejarahnya, Air Terjun Grojogan Sewu adalah tempat yang asyik dikunjungi bareng keluarga. Apalagi, di sana juga terdapat berbagai wahana seru seperti flying fox dan spot foto yang Instagrammable banget!

Pengen liburan ke Tawangmangu? Bisa banget! Bareng Pegipegi aja! Yuk, cari hotel di Tawangmangu, Bandung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top