Destinasi

Menikmati indahnya negeri dari ketinggian Puncak B29 Bromo

Satu lagi tujuan wisata di sekitar Gunung Bromo yang makin dilirik oleh travelers yang hobi manjat. Bukit B29. B29 sendiri merupakan nama sebuah bukit yang ketinggiannya mencapai 2.900 meter di atas permukaan laut dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS. Biar infonya makin lengkap, Pegipegi mau mengupasnya lebih lanjut buat kamu semua.

Bukit 29 atau disingkat dengan B29 adalah salah satu spot di kawasan Gunung Bromo yang terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kalau dilihat dari segi posisi, bukit ini terletak di sebelah tenggara Gunung Bromo dengan pemandangan tidak kalah spektakuler dengan tetangganya. Lalu, bagaimana cara mencapai B29? Untuk urusan satu ini, travelers disarankan menggunakan kendaraan pribadi terutama motor dengan rute Kota Lumajang – Kecamatan Senduro – Desa Argosari.

foto: loecman30.blogspot.com

foto: loecman30.blogspot.com

Di sepanjang jalan, kalian bisa melihat perkebunan sayur milik warga, seperti kentang, kubis, kol, wortel, prei, cabai, perbukitan kecil yang menjulang tinggi serta Gunung Semeru. Mata kita benar-benar dimanjakan dengan hamparan sayur-mayur yang begitu menyejukan. Terasering tanaman yang tertata begitu rapi benar-benar memanjakan mata. Jalanan yang berkelok-kelok dan berliku menuntut travelers punya kemampuan mengemudi yang baik.

Udara yang masih segar serta hawa dingin juga akan menemanimu. Di desa ini, kalian bisa menitipkan kendaraan. Jangan takut, mereka ramah kok. Warga setempat merupakan anggota Suku Tengger yang konon merupakan keturunan asli Majapahit. Penduduk di Desa Argosari juga masih memegang budaya dan tradisi sehingga kesannya masih sangat alami dan tradisional.

Posisi Desa Argosari memang lebih tinggi dibandingkan desa-desa lain di Kecamatan Senduro sehingga menjadi titik pendakian populer buat travelers yang datang dari berbagai daerah. Harus diketahui kalau akses jalan di Desa Argosari masih berbatu, menanjak, bergelombang, dan bahkan di beberapa tempat masih bertanah sehingga kalian harus berhati-hati. Kalau merasa tidak sanggup, kalian bisa menyewa jasa ojek untuk bisa sampai ke lokasi awal pendakian dengan tarif sekitar Rp30.000* per orang. Dan di pos retribusi, kalian harus membayar Rp2000* untuk sekali masuk.

Setelah itu, kalian bisa melanjutkan petualangan sekitar 15 menit hingga sampai di puncak B29. Dari ketinggian, kalian bisa menyaksikan panorama Kabupaten Lumajang dan kawasan Gunung Bromo dari sisi timur dan barat. Kalau cuaca sedang bagus, jangkauan penglihatan makin jauh. Terkadang juga terlihat awan-awan yang menggantung dan bergulung-gulung di udara.

foto: appsmediatama.net

foto: appsmediatama.net

Decak kagum di dada pun membuncah setelah menyaksikan suguhan pemandangan eksotis yang terhampar di bawah puncak B29. Ketika jarak awan denganmu terlihat begitu dekat, rasanya ingin sekali menyentuhnya. Dari atas ketinggian juga terlihat padang rumput, perbukitan, lautan pasir, tanah pertanian, serta pemukiman penduduk dari warga yang tinggal di Desa Argosari. Kalian seolah-olah terhipnotis saat menyaksikan lukisan alam yang begitu indah terpampang di depan mata.

Kalau kamu sampai di sore hari, kalian bisa menantu momen sunset dan di pagi hari, kalian pun bisa menangkap momen sunrise. Ketika malam menjelang, kalian bisa mendirikan tenda sambil ditemani bintang-bintang di langit. Terkadang, petir yang berkilatan pun muncul di balik perbukitan. Sedangkan kerlap-kerlip lampu masyarakat yang tinggal di lereng bukit tampak begitu indah. Ini benar-benar menjadi pemandangan yang menakjubkan. Apalagi bila kalian menyediakan makanan, minuman dan camilan sambil mengobrol di puncak B29.

Dengan prosek yang begitu cerah, pemerintah daerah setempat pun berencana melengkapi fasilitas yang ada, seperti membenahi infrastruktur, pengadaan gazebo, toilet dan lokasi untuk kemping. Selain Bukit B29, kalian juga masih bisa mengeksplorasi tempat wisata alami di sekitar Gunung Bromo, seperti Pasiri Berbisik, Bukit Teletubbies, dan Padang Savanah. So dalam satu waktu, kalian bisa puas berpetualang.

Oh ya, jangan lupa membawa baju hangat, jaket, obat nyamuk oles, dan kaos kaki ya karena hawa di sana cukup dingin.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

(Visited 555 times, 1 visits today)

Comments

To Top