Destinasi

Menikmati Alam Perawan di Air Terjun Lapopu, Sumba, NTT

Traveling ke Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) nggak bakal ada habisnya. Ada alam perawan di sana yang harus banget kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Lapopu yang dikenal sebagai air terjun tertinggi di NTT. Sebelum ke sana, Pegipegi ingin mengajak kamu berkenalan dengan Air Terjun Lapopu.

Akses menuju Air Terjun Lapopu

Jika kamu datang dari Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat, pergilah ke arah Timur. Di sana ada papan informasi yang dipasang oleh pihak Balai Taman Nasional MataLawa sebagai penunjuk arah. Di perjalanan, kamu akan melihat banyaak warga lokal sedang bekerja di sawah atau bersantai di rumah adat mereka. Banyak juga yang sedang menggembalakan kuda, sapi, dan kerbau.

Sebelum sampai ke air terjun, kamu bakal tiba di pos penjagaan untuk membeli tiket masuk. Kamu bisa meminta informasi dari petugas setempat untuk mengetahui keberadaan air terjun. Petugas pun dengan senang hati menemani kamu agar sampai di air terjun. Kamu akan dibantu untuk menyebrangi kali menggunakan jembatan bambu yang dikerjakan oleh warga setempat.

Air terjun bertangga-tangga

Air Terjun Lapopu berlokasi di kawasan Taman Nasional Menpeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) di Pulau Sumba. Air terjun ini memiliki ketinggian 90 meter dan membentuk tangga-tangga sebelum sampai di kolamnya. Berbeda dengan air terjun lainnya yang langsung turun terjal ke bawah.

Sedangkan, kedalaman kolamnya hanya 2 meter, jadi aman untuk berenang dan mandi. Air terjunnya berwarna hijau toska, sepertinya karena mineral atau batuan kapur. Soal kebersihan jangan khawatir, soanya sumber air Lapopu berasal dari lubang goa besar. Di sekitar goa batu itu ada hutan belantara mirip Hutan Amazon. Itulah yang membuat sekitar Air Terjun Lapopu memiliki pemandangan hijau cantik nan menyejukkan.

 

Jangan takut bujet perjalanan kamu ke Sumba jadi bengkak! Langsung aja, yuk, pesan tiket pesawat murah ke Sumba lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke sumba

Foto: shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 39 times, 1 visits today)

Comments

To Top