Destinasi

Mengunjungi Paris Mini di Dalat, Vietnam

Da_Lat,_view_to_Xuan_Huong_lake

cho Da Lat

Bagi traveler berjiwa romantis, Paris masih menjadi destinasi impian yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Tapi, biaya perjalanan maupun akomodasi di ibukota Prancis itu jelas tidak murah. Butuh ribuan euro untuk bisa terbang ke Paris, belum lagi harga barang-barang di sana juga cukup tinggi, karena Paris merupakan salah satu kota termahal di dunia.

Kalau saat ini kamu belum bisa pergi ke Paris, kenapa tidak mengunjungi Paris Mini alias kota Dalat di Vietnam saja? Sekilas melihat foto Dalat,  kamu pasti tidak menyangka kalau kota ini masih berada di kawasan Asia Tenggara yang tidak jauh dari Indonesia. Kota yang terletak di dataran tinggi Langbiang di propinsi Lam Dong yang memang sangat populer sebagai daerah wisata. Bukan hanya karena pemandangan cantik yang mirip kota Paris serta daerah pedesaan Prancis, cuaca unik di Dalat pun membuat turis betah menghabiskan waktunya di sini. Dalat memiliki cuaca yang sejuk hampir sepanjang tahun seperti halnya musim semi di benua Eropa dan Amerika.

Tidak perlu heran melihat Dalat yang menyerupai daerah pedesaan Prancis. Sebagian besar hotel dan rumah di sini memang sudah dibangun sejak zaman kolonialisme Prancis pada tahun 1890-an lalu, di mana Dalat difungsikan sebagai daerah peristirahatan mereka. Kamu bisa melihat arsitektur khas Prancis di banyak bangunan kota Dalat, seperti Stasiun Kereta Api Dalat yang didesain oleh duo arsitek Moncet dan Reveron, atau Dalat Palace Luxury Hotel & Golf Club yang juga menjadi salah satu bangunan ikonik di sana.

Kamu bisa mencapai Dalat dengan pesawat terbang dari Hanoi dan Ho Chi Minh City. Bandara Lien Khuong sendiri terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Dalat, dan kamu bisa memanfaatkan jasa taksi ataupun shuttle bus untuk menuju pusat kota. Kalau kamu menggunakan taksi, kamu harus menyiapkan setidaknya Rp250 ribu untuk ongkos taksi. Sementara, tiket shuttle bus dijual sekitar Rp20 ribu per orang. Walaupun harus menempuh jarak cukup jauh, kamu tidak akan merasa bosan karena rute perjalanan dari bandara ke pusat kota Dalat akan melewati bukit-bukit dan hutan-hutan pinus yang indah.

Selain dengan pesawat, kamu juga bisa lho mencapai Dalat lewat transportasi darat. Karena Dalat memang destinasi populer, kamu tidak akan sulit mencari bus atau layanan travel ke sana dari kota-kota seperti Ho Chi Minh City, Mui Ne atau Nha Trang. Untuk memastikan kamu mendapat tempat, ada baiknya kamu memesan tiket satu hari sebelum jadwal keberangkatan. Oya, sebagai gambaran, kalau kamu berangkat dari Ho Chi Minh City, perjalanan ke Dalat akan memakan waktu sekitar 7 jam, jadi jangan lupa siapkan bekal makanan dan minuman untuk menjaga kondisi tubuh ya!

Sedikit tips ketika merencanakan perjalanan ke Dalat, jika memungkinkan, hindari bepergian ke sini di bulan Juni hingga Agustus. Pasalnya, bulan-bulan itu Dalat akan diserbu ribuan turis domestik maupun mancanegara. Selain itu, selama Juni dan Agustus, curah hujan di Dalat cukup tinggi sehingga berisiko mengganggu liburan kamu.

Setelah tiba di Dalat, kamu mungkin bingung memilih tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Apalagi kalau kamu tidak punya banyak waktu di sana. Nah, PegiPegi sudah merangkum beberapa tempat yang wajib masuk daftar kunjungan kamu selama di Dalat. Simak yuk!

Danau Xuan Huong

Da_Lat,_view_to_Xuan_Huong_lake

Danau ini bisa dikatakan sebagai pusat kota Dalat, di mana banyak warga lokal maupun turis berkumpul. Kamu bisa menikmati pemandangan indah Danau Xuan Huong sambil menikmati santap siang atau malam di kafe dan restoran yang ada di sekitar danau. Atau, kamu bisa bernostalgia dengan menyewa perahu kayuh berbentuk angsa sambil bersantai di tengah danau.

Guest House Hang Nga (‘Crazy House’ atau Rumah Gila)

crazy house2

Bukan hanya arsitektur romantis yang menghiasi kota Dalat. Kamu juga bisa melihat kreasi arsitektur bergaya abstrak di salah satu penginapan paling populer di kota ini. Penginapan ini didesain oleh arstek Vietnam Dang Viet Nga dengan mengusung bentuk bangunan unik yang membuat banyak jurnalis dah ahli arsitektur dari berbagai negara terbang ke sini untuk melihat sendiri bentuk bangunan tersebut.

Lembah Cinta (Valley of Love)

Valley-of-Love_25

Inilah salah satu alasan mengapa Dalat menjadi destinasi favorit pengantin baru di Vietnam (juga negara-negara lain). Terlekat sekitar 6 kilometer dari pusat kota, lembah ini menawarkan pemandangan indah nan romantis dengan deretan hutan pinus dan danau buatan Da Thien yang dibentuk pada 1972 lalu.

Danau Ho Than Tho

Ho_than_tho_2

Selain pemandangan spektakuler, Danau Ho Than Tho menyimpan legenda romantis yang menyedihkan. Konon, seorang gadis 15 tahun bernama Thuy menenggelamkan diri di danau ini setelah kekasihnya, Tam, jatuh cinta pada gadis lain. Makam Thuy masih bisa dilihat di tepi danau, meskipun nama pada batu nisannya tertulis “Thao”. Tempat ini ramai dikunjungi pasangan pengantin baru yang sedang berbulan madu sambil mengayuh perahu di tengah danau.

Kuil Truc Lam

DL-Attr-TrucLamMonastery

Hal paling menyenangkan ketika mengunjungi Kuil Truc Lam adalah, kamu bisa mengitari kuil indah ini tanpa diganggu warga lokal yang ingin mengeruk keuntungan. Meskipun ramai didatangi turis, kamu bisa mengintip kehidupan sehari-hari para biksu yang tinggal di sini dan melihat-lihat ruangan meditasi maupun kelas yang memang digunakan oleh biksu. Selain itu, pemandangan di sekitar kuil ini pun luar biasa indah dan membuat kamu merasa semakin tenang.

Pasar Dalat (Cho Dalat)

1 CHO DA LAT

Nah, kalau kamu ingin melihat kehidupan warga lokal Dalat lebih dekat, di sinilah tempatnya. Terletak di kaki bukit, Pasar Dalat memiliki bangunan dengan arsitektur unik serta mempunyai akses ke Danau Xuon Huong di lantai dasarnya. Di dalam gedung bertingkat ini pedagang-pedagang menjajakan berbagai macam kebutuhan mulai dari buah-buah segar, makan malam yang terjangkau sampai bordir premium.

(Visited 1,654 times, 2 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top