Destinasi

Mengulik Sisi Sakral Wisata Tari Barong di Sukawati, Bali

Bali adalah destinasi liburan yang sangat menarik. Selain dihuni berbagai wisata alam yang menakjubkan, Pulau Dewata turut menyimpan wisata budaya yang melimpah, salah satunya Tari Barong.

Sebagai salah satu tarian khas Indonesia, Tari Barong mampu mencuri perhatian tiap kali dipentaskan. Melibatkan dua penari, tarian ini menggunakan topeng Barong yang dikenal sakral.

Sebagai raksasa berwajah seram, Barong memiliki bola matanya yang menjorok keluar serta rambut gondrong seperti singa hutan. Diiringi dengan gamelan dan narasi sarat komedi, Tari Barong selalu menggambarkan bagaimana kebajikan (dharma) mengalahkan keburukan (adharma) yang ada di muka bumi.

Tari Barong biasa ditampilkan di sela-sela upacara keagamaan. Namun, kamu dapat menyaksikan tarian ini secara rutin di kawasan Wisata Tari Barong Batubulan, Sukawati.

Punya Makna Dalam

Bagi yang mengerti paham animisme dan dinamisme, Tari Barong bukan sekedar kesenian saja. Mereka percaya, tari Barong memiliki kekuatan atau energi untuk melindungi lingkungan sekitar, terutama kehidupan bermasyarakat.

Jika kamu perhatikan, ada dua jenis topeng dalam tarian ini, Barong (Merah) dan Rangda (Putih). Dalam tariannya, Barong merupakan simbol kemenangan, sedangkan Rangda adalah sisi keburukan yang selalu mengalami kekalahan.

Terlepas dari makna di balik tariannya, Wisata Tari Barong Batubulan di Sukawati adalah sebuah atraksi yang wajib kamu nikmati saat berkunjung ke Bali.

Namun, jika kamu ingin mencoba hal lain, kawasan wisata ini juga menawarkan beberapa hasil seni pahat yang mengaggumkan, lho. Dengan fasilitas yang lengkap seperti art shop, penginapan dan kedai kuliner lezat, Wisata Tari Barong Batubulan di Sukawati siap memberikan pengalaman liburan baru buat kamu.

Jadi mau main ke sini kapan? Sekalian liburan di Bali. Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top