Destinasi

Mengulik Panorama Alam Menawan di Gunung Ganapus, Maluku

Maluku memang surganya wisata alam menawan. Tiap kali ke sana, siap-siap dimanjakan dengan hamparan pantai cantik hingga megahnya gunung api di tengah laut seperti Gunung Ganapus.

Terletak di Kepulauan Banda, gunung api yang masih aktif ini memang hanya memiliki tinggi 658 meter di atas permukaan laut. Namun, panorama yang ditawarkan nggak bisa dibandingkan dengan gunung-gunung pada umumnya, lho!

Dengan hanya mendaki selama 3-4 jam, kamu bisa menikmat keindahan gunung yang dibalut dengan vegetasi alam asri. Berbeda dengan Krakatau, Gunung Ganapus ditumbuhi semak belukar hingga pepohonan yang lebat.

Saking suburnya, Gunung Ganapus pun menjadi rumah bagi 23 jenis burung endemik, beberapa dapat dikatakan langka, lho. Jadi, sambil menikmati keindahan Kepulauan Banda, kamu bisa makin akrab dengan burung-burung tersebut yang kerap terbang rendah menghampiri sarangnya di puncak.

Dari atas puncak, kamu juga bisa melihat kawah yang menjadi dapur magma di sebelah barat. Di sebelah timurnya, ada Pulau Naira dan Banda Besar yang siap menyapa kamu dan orang terdekat dari kejauhan.

Dengan status gunung api aktif, Ganapus punya sejarah letusan yang menarik untuk dikulik. Menurut catatan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, gunung ini merupakan generasi keempat dari gunung api purba, G. Lonthor.

Sebanyak 24 kali letusan telah terjadi dalam kurun empat abad terakhir di Gunung Ganapus. Namun, rentetan letusan tersebut nyatanya memiliki sisi positif, terutama pertumbuhan karang bawah lautnya.

Alhasil, Gunung Ganapus memiliki banyak sekali spot menyelam yang sangat cantik, bahkan diakui dunia sebagai salah satu yang terbaik. Seperti Magma Flow yang berada di pantai utara.

Buat main ke sini, kamu harus melakukan perjalanan laut selama enam jam dari kota Ambon. Beberapa pilihan kapal cepat siap membantu kamu menuju kawasan wisata petualangan ini. Tertarik main ke sini?

Pengin main ke sini? Sekalian liburan ke Ambon. Yuk, pesan tiket pesawat ke Ambon, dan cari hotel murah di Ambon  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top