Destinasi

Mengulik Megah dan Uniknya Masjid Baitul Agung Makmur di Meulaboh

Menyandang julukan Negeri Serambi Mekah, Aceh menjadi destinasi yang tepat buat kamu berburu wisata religi. Selain dikelilingi banyak sekali situs budaya, Aceh juga memiliki puluhan masjid cantik dan megah, salah satunya adalah Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh.

Terletak di kota Meulaboh, Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh hadir dengan desain interior dan eksterior yang menarik. Perpaduan arsitektur Timur Tengah, Asia dan Aceh dapat kamu lihat bahkan dari kejauhan.

Berdiri di atas tanah seluas 6.000 meter, Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh mampu menampung sekitar 7.000 jamaah. Jumlah ini menjadikan Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh sebagai yang terbesar di Pantai Barat Aceh.

Saking kokohnya, masjid ini sempat menjadi lokasi penyimpanan bahan makanan maupun pakaian bersih usai bencana Tsunami pada 2004 lalu melanda kota Meulaboh.

Bagi para pecinta masjid cantik, Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh punya ciri khas tersendiri, yaitu pada kubahnya. Di atas terdapat tiga buah kubah utama yang diapit oleh dua kubah menara yang punya ukuran kecil.

Nah, ornamen yang terdapat di kubah-kubah tersebut merupakan representasi dari berbagai kebudayaan, mulai dari Timur Tengah hingga Asia Tenggara. Di dalamnya, kamu juga bakal menemukan hiasan-hiasan dinding yang punya cita rasa Romawi Kuno, lho.

Selain difungsikan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, Masjid Baitul Agung Makmur Meulaboh juga menggelar berbagai kegiatan keagamaan dan pendidikan. Hal ini didukung dengan keberadaan bangunan Madrasah Ibtidaiyyah, Dinniyah, Tsasnawiyah, dan juga bangunan TK Al-Qur’an di sekitarnya.

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat ke Aceh dan cari hotel murah di Aceh lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Aceh cari hotel murah di Aceh

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top