Destinasi

Mengulik Legenda Ratu Pantai Selatan di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta nggak lengkap kalau belum berburu pantai cantik. Di kawasan Kabupaten Bantul, terdapat satu pantai yang cukup menarik perhatian banyak wisatawan, Pantai Parangkusumo.

Berada di jalur pantai selatan Jawa, nggak cuma panorama yang bikin Pantai Parangkusumo terkenal. Tetapi justru kisah tentang Kanjeng Ratu Roro Kidul yang menarik untuk dikulik kala main ke pantai ini.

Di sini, kamu bisa melihat keunikan dari dua buah batu legendaris, Cepuri Parangkusumo. Dinamai Batu Cinta, lokasi ini konon menjadi titik pertemuan pendiri dinasti Mataram, Panembahan Senopati dengan penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Roro Kidul.

Kehadiran batu tersebut nggak cuma menarik minat wisatawan. Sering kali, area ini kedatangan para tamu yang datang untuk berziarah, terutama saat bulan Sura penanggalan kalender Jawa tiba.

Soal panorama, kamu bakal disuguhkan hamparan pantai pasir putih yang menawan. Deburan ombak yang dasyat berpadu dengan cuaca tropis khas Pulau Jawa menjadikan Pantai Parangkusumo sebagai salah satu tempat berburu foto Instagrammable.

Sesekali, kamu bakal dihibur dengan cuitan burung-burung yang terbang rendah di pinggir pantai. Sebelum, sunset cantik berwarna jingga kemerahaan menutup hari kamu di Pantai Parangkusumo.

Buat main ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat sejauh 30 kilometer dari kota Yogyakarta. Tapi, dijamin sampai di sini rasa lelah bakal hilang semua!

Mau main ke sini? Sekalian liburan ke Yogyakarta, yuk! pesan tiket pesawat ke Jogja, tiket kereta api, dan cari hotel di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top