Destinasi

Mengulik Koleksi Seni dan Budaya Lintas Zaman di Museum Keraton Surakarta

Jalan-jalan ke Solo, jangan lupa berburu wisata budayanya. Salah satu spot yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Keraton Surakarta.

Terletak di kawasan Keraton yang sakral, tempat ini adalah sebuah museum penyimpanan seni hingga kebudayaan Surakarta. Dengan 13 ruangan, kamu dapat melihat berbagai jenis koleksi barang-barang antik peninggalan para raja yang pernah berkuasa.

Mulai dari ukiran dan lukisan yang indah karya seniman lokal, hingga foto-foto raja, pemimpin Surakarta di zaman dulu bisa kamu lihat di sini. Salah satu benda yang paling ikonik, kursi Raja Pakubuwono IV juga siap menyambut para turis, baik lokal maupun mancanegara.

Nggak cuma itu, Museum Keraton Surakarta juga memiliki satu ruang yang berisikan arca. Di sana, kamu bisa melihat keunikan dari arca Buddha, Buddha Avalokiteswara, hingga arca batu yang berasal dari zaman purbakala.

Sebelum selesai keliling museum, jangan lupa buat mampir ke ruang kesenian rakyat. Ruangan ini menjadi area pameran berbagai alat kesenian khas Solo, seperti wayang kulit, klenengan, serta jaran kepang. Di sampingnya juga terdapat ruang pameran topeng yang digunakan untuk gelaran tari topeng, seperti Panji Inukertapati, Asmarabangun, Dewi Galuh Candrakirana, dan Klana.

Sejak dipugar pada 2013 lalu, Museum Keraton Surakarta tampil lebih cerah dengan dominasi warna biru dan putih di hampir seluruh bangunan. Menariknya, museum ini juga memiliki taman buat bersantai yang diisi beberapa patung malaikat, lho.

Buka setiap hari, kamu cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp10 ribuan buat main ke Museum Keraton Surakarta. Tertarik?

Pengen liburan ke Solo? Bisa banget! Bareng Pegipegi aja! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel di Solo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top