Kuliner

Mengulik Kenikmatan dan Sejarah Bika Ambon khas Medan

Jalan-jalan ke Medan nggak lengkap kalau belum memboyong kuliner khasnya. Salah satu jajanan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah bika Ambon.

Cake yang punya bentuk pipih dan berpori punya cita rasa yang spesial, lho. Selain rasanya yang mnis manis, bika Ambon punya tekstur yang kenyal dan empuk! Dijamin, kamu nggak bakal puas hanya menyantap satu potong saja, lho.

Selain itu, bika Ambon juga memiliki aroma yang sangat harum. Ini dikarenakan pembuatan kue yang satu ini melibatkan daun pandan serta daun jeruk yang ditumbuk jadi satu.

Dengan segelas teh manis, Bika Ambon masih menjadi salah satu kuliner terenak di kota asalnya, Medan. Hanya dengan Rp 80-90 ribu, kamu bisa membawa pulang kue berwarna kuning tersebut buat dinikmati bersama keluarga di rumah.

Beberapa dari kamu pun pasti tahu brand-brand Bika Ambon terenak di Medan. Mulai dari Zulaikha Bika Ambon hingga Sylvie Bika Ambon yang nggak pernah sepi pelanggan.

Nah, ada kisah yang menarik dari penamaan panganan yang satu ini. Bika Ambon memang nggak pernah ada hubungan spesial dengan kota Ambon di Maluku. Sejarah pun berkata, kue yang satu ini merupakan modifikasi dari kue khas Melayu, Bingka dengan ciri khas spesial rongga di dalam isiannya.

Kisah asal muasalnya pun ada berbagai versi. Mulai dari seorang perantau dari Ambon yang hijrah ke Malaysia sebelum singgah ke Medan dengan membawa kue Bingka Melayu, hingga kisah seorang pembantu asal Ambon yang mencicipi kue Bingka buatan majikannya di mana kemudian dipasarkan dengan nama Bika Ambon.

Anyway, kebanyakan orang Medan justru lebih percaya dengan versi berikut. Di mana, Bika Ambon berasal dari nama sebuah jalan di kota Medan, jalan Ambon. Konon katanya, di sanalah kue bika khas Medan tersebut pertama kali dijajakan.

Alhasil, nama kue bika ini sering disebut Bika Ambon. Namun, yang jelas, hingga sekarang, belum ada yang mampu membuktikan asal usul Bika Ambon dengan tepat.

Pengin liburan ke sini? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Medan dan cari hotel murah di Medan lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Medan cari hotel murah di Medan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top