Event & Festival

Mengulik 9 Tradisi Natal di Dunia yang Unik dan Menarik

Natal nggak lengkap tanpa perayaannya! Nggak cuma di Indonesia, ada banyak negara di dunia yang merayakan Natal dengan tradisinya masing-masing.

Bahkan, beberapa di antaranya terkesan unik dan menarik untuk dilihat. Mulai dari dekorasi rumah dengan daun mangga hingga makan malam Natal dengan KFC jadi contoh uniknya perayaan Natal.

Nah, biar kamu tahu, Pegipegi punya 9 tradisi Natal unik di seluruh dunia yang bisa kamu intip, nih. Simak, yuk!

India

Perayaan Natal di India sangat unik. Sebab, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara seperti pada umumnya, melainkan dari pohon mangga atau pisang. Mereka yang merayakan Natal akan mendekorasi rumah dengan daun mangga dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.

Norwegia

Menurut legenda Norwegia, saat malam Natal tiba, maka semua roh jahat dan kekuatan sihir akan keluar. Oleh karena itu, hampir semua rumah di Norwegia menyembunyikan sapu sebelum waktu tidur. Sedangkan para pria akan keluar di malam hari menembakkan senapan ke udara sebagai simbol untuk mengusir dan menakut-nakuti roh-roh jahat agar tidak mendekati rumah mereka.

Australia

Tidak seperti suasana Natal yang seringkali digambarkan jatuh pada musim dingin, Natal di Australia justru jatuh pada musim panas. Karena itu, banyak aktivitas bernuansa Natal yang mereka lakukan di kolam renang, pantai, atau pusat perbelanjaan. Permainan kriket yang dimulai sehari sesudah Natal dan perlombaan perahu dayung dari Sydney ke Hobart di Pelabuhan Sydney adalah dua acara olah raga penting yang diadakan tiap Natal. Namun seperti layaknya tradisi Natal di berbagai negara lain, keluarga Kristen di Australia biasanya juga meluangkan waktu untuk berkumpul dan makan bersama di malam Natal.

Irlandia

Pada malam Natal di Irlandia, anak terkecil dalam keluarga menyalakan lilin dan meletakkannya di jendela terbesar. Lilin itu akan dibiarkan menyala sepanjang malam untuk menerangi jalan bagi orang yang mencari tempat berteduh, seperti Maria dan Yusuf pada Natal pertama.

China

Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dan kertas. Puncak perayaan Natal dilakukan di Tahun Baru di mana setiap anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing.

Amerika Serikat

Hari raya Natal di Amerika biasanya lekat dengan tradisi tukar-menukar kado, mengirim kartu ucapan Natal, menghias rumah, menghias pohon Natal dengan lampu-lampu dan lingkaran daun-daunan. Selain itu, biasanya pada malam Natal umat kristiani di Amerika mengadakan pesta perjamuan dengan keluarga maupun kerabat. Menu yang dihidangkan seringkali melibatkan kalkun. Tradisi ini sudah populer sejak abad ke-18.

Irak

Saat malam Natal, umat Kristiani di Irak akan berkumpul dan bergandengan tangan sambil menyalakan lilin, mereka kemudian membacakan cerita tentang kelahiran Yesus. Usai membaca cerita mereka akan membakar duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis sampai menjadi abu, maka keberuntungan akan datang di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas abu sebanyak tiga kali sambil membuat permintaan.

Jepang

Natal di Jepang berarti satu hal, yaitu ayam goreng Kentucky Fried Chicken atau KFC. Tidak perlu heran, pasalnya unggas termasuk binatang langka di Jepang. Oleh karena itu, pada 1970-an lalu, KFC melihat kesempatan untuk memulai tradisi Natal dengan mengiklankan ayam KFC menjadi bagian penting dalam musim liburan di Jepang. Sekarang warga Jepang rela untuk mengantri hingga sebulan sebelum perayaan Natal untuk menikmati lezatnya KFC.

Spanyol

Di Spanyol, saat merayakan Natal, biasanya Nacimiento atau diorama kelahiran Yesus diletakkan di tengah ruangan. Selanjutnya, pada hari Natal seluruh anggota keluarga berlutut mengelilingi diorama tersebut sambil berdoa dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Kebiasaan yang dilakukan anak-anak adalah meletakkan sepatu-sepatu mereka di jendela yang diisi dengan berbagai permen dan mainan.

Mau liburan pas Natal? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top