Destinasi

Mengulik 6 Pantai Tersembunyi di Gunungkidul, Yogyakarta

spot wisata gunungkidul

Yogyakarta sering kali dikaitkan dengan wisata candi dan keraton. Padahal, daerah istimewa ini juga memiliki berbagai hal menarik lain yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah keindahan alam pesisirnya.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kawasan inilah terdapat beberapa pantai tersembunyi yang menawarkan pesona alam memesona. Jika kamu sudah lama nggak bersantai di pantai, maka cobalah mampir ke pantai tersembunyi di Gunungkidul ini.

Pantai Ngetun

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @yogyakarta

Pantai Ngetun menawarkan pemandangan cantik banget dari pantai berpasir putih yang diapit oleh dua tebing karang di kedua sisinya. Pepohonan rindang di sekitar pantai bisa menjadi tempat nyaman untuk berteduh sambil menikmati pemandangan. 

Hidden gem Gunungkidul ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, tempat ini cenderung masih bersih, sepi, dan tenang. Kamu mungkin hanya akan bertemu beberapa penduduk lokal yang tengah memancing lobster di bukit sekitar pantai.

Akses ke pantai ini memang terbilang cukup sulit, karena jalanan yang masih berbatu dan jauh dari fasilitas umum. Jadi, pastikan kendaraan kamu berada pada kondisi yang prima jika ingin berkunjung ke Pantai Ngetun. 

Pantai Ngetun berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Srakung

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @halojogjakarta

Pantai Srakung adalah pilihan tepat di Gunungkidul bagi kamu yang nggak suka berada di keramaian. Pantai ini masih alami dan sepi, karena nggak banyak pengunjung yang datang menjelajah. 

Selain itu, pantai ini juga belum memiliki pengelola, jadi nggak ada biaya retribusi yang dikenakan ketika berkunjung. Namun, hal itu juga berarti nggak banyak fasilitas yang tersedia, termasuk kamu perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum ke pantai ini.

Pantai Srakung terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Karena nggak banyak papan penunjuk jalan ke tempat ini, kamu harus memanfaatkan Google Maps atau bertanya pada warga setempat.

Pantai Wohkudu

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @pantai_wohkudu

Meski nggak begitu luas, Pantai Wohkudu memiliki keindahan yang luar biasa. Lebarnya memang hanya antara 20-25 meter saja dan diapit batu karang besar di sisi kanan dan kirinya. 

Berada di tempat ini akan terasa seperti bersantai di pantai pribadi berkat lokasinya yang sepi dan tersembunyi. Deru ombak deras juga nggak terlalu terasa berkat beberapa batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. 

Lokasi pantai ini ada di Kampung Nglaos, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Letaknya kurang lebih sekitar 1 km dari Pantai Kesirat.

Pantai Krokoh

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @allaboutjogjakarta

Pantai tersembunyi di Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Krokoh yang berada di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Pantai paling timur di Yogyakarta ini menghadirkan pantai indah berpasir putih yang sunyi dan tenang. Jernihnya air laut dan embusan angin pantai yang sejuk membuat tempat ini sungguh istimewa untuk bersantai.

Karena terbilang sunyi, ada baiknya membawa bekal jika hendak berkunjung. Pasalnya, nggak ada warung di sekitar pantai dan jarak perkampungan terdekat adalah sekitar 500 meter dari pantai. Selain itu, karena nggak ada penjaga pantai, maka kamu harus selalu berhati-hati jika bermain air di sini.

Berkunjung ke pantai ini nggak membutuhkan tiket masuk, tetapi kamu perlu membayar parkir seikhlasnya ke rumah warga. 

Pantai Widodaren

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @gunungkidul.ig

Widodaren dalam bahasa Jawa berarti Bidadari, cocok untuk menggambarkan keindahan pantai sunyi ini. Pantai ini menawarkan kawasan berpasir putih cantik dan menawan. Karang-karang di sekitar pantai dan tebing tinggi bisa didaki melalui tangga yang telah tersedia untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. 

Bukit di pantai ini juga dipenuhi dengan rerumputan hijau yang lapang sehingga sangat nyaman digunakan untuk bersantai. Meski demikian, perlu diingat bahwa karena pantai ini masih belum terjamah, maka belum banyak pula fasilitas yang tersedia. Jadi, pastikan untuk membawa makanan sendiri dan jangan lupa untuk membawa kembali sampahnya, ya!

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, kamu langsung saja berangkat ke Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Namun, karena belum ada papan penunjuk yang menunjukkan arah ke pantai ini, kamu bisa bertanya ke warga setempat atau menggunakan Google Maps.

Pantai Sedahan

spot wisata gunungkidul
Sumber: IG @areajogjajateng

Hidden gem Gunungkidul selanjutnya adalah Pantai Sedahan yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini menghadirkan pemandangan cantik dan menawan. Namun, karena termasuk tempat wisata baru, nggak banyak fasilitas yang tersedia. Meski demikian, fasilitas utama seperti tempat parkir dan toilet sudah ada di sini.

Akses jalan menuju pantai ini sudah bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua maupun empat. Akan tetapi, makin dekat ke lokasi, jalannya belum terlalu bagus. Jadi, sebelum ke sana pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima.

Nah, itulah enam pantai tersembunyi di Gunungkidul yang bisa kamu kunjungi jika ingin bersantai sejenak dari hiruk-pikuk kota. Buat kamu yang mau liburan ke Yogyakarta, biar lebih hemat pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi, ya! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: