Berita

Mengintip Tempat-tempat Yang Disucikan Di Seluruh Dunia

Travelers, tahu nggak? Ada banyak tempat-tempat suci di kolong langit yang begitu disakralkan oleh umat manusia lho. Ini tidak mengherankan karena tempat-tempat tersebut kebanyakan merupakan spot peribadatan yang sangat dijaga dan dilestarikan oleh para pemeluknya. Nah kali ini, Pegipegi mau sharing tentang tempat apa saja sih yang dianggap sakral di dunia ini. Simak ya, travelers!

Yerusalem, Palestina

Foto 1 Tempat Suci di Seluruh Dunia

Dalam bahasa Arab, Yerusalem disebut dengan nama Al-Quds, yaitu kependekan dari Baitul Quds yang artinya ‘suci’. Bisa dibilang kalau Yerusalem adalah salah satu kota tertua yang ada di dunia dan menjadi satu-satunya tempat yang disakralkan oleh tiga kepercayaan, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi selama berabad-abad. Kota ini juga menjadi tempat sengketa antara Israel dan Palestina, dimana masing-masing mengklaim kalau tempat tersebut adalah ibukota mereka. Karena merupakan tempat penting bagi beberapa agama, tidak heran kalau banyak travelers dari berbagai negara datang ke Yerusalem.

 

Mekkah, Arab Saudi

Foto 2 Tempat Suci di Seluruh Dunia

Mekkah adalah kota kelahiran Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Tiap hari Mekkah selalu dipenuhi oleh para pengunjung dari berbagai negara untuk melakukan umrah. Sedangkan pada Idul Adha, ada jutaan orang berkumpul dalam waktu yang sama untuk melaksanakan ibadah haji. Melaksanakan ibadah haji sendiri adalah salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan oleh umat Muslim yang mampu. Konon ada lebih dari 16 juta pengunjung yang datang ke Mekkah untuk beribadah tiap tahun.

 

Kota Vatikan, Vatikan

Foto 3 Tempat Suci di Seluruh Dunia

Kota Vatikan menjadi kota yang independen dan berdiri sendiri sejak tahun 1929. Dengan penduduk kurang dari 1000 orang, kota ini siap menyambut lebih dari 4 juta orang per tahun. Vatikan City sendiri adalah sebuah negara gerejawi yang dipimpin oleh Uskup Roma-Paus dan menjadi pusat administratif Gereja Katolik Roma. Setengah dari wilayah Vatikan dihiasi dengan taman-taman hijau dan air mancur yang tak terhitung jumlahnya. Sebagian besar dari mereka terletak di Saint Basilica. Kota Vatikan juga menjadi spot dengan banyak arsitek populer di dunia, seperti Bramante, Michelangelo, Giacomo della Porta, Maderno, dan Bernini yang menjadi desainer banyak katedral, terutama di Saint Basilika. Travelers, kota Vatikan juga dinobatkan sebagai satu-satunya negara yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

 

Tirupati, India

Foto 4 Tempat Suci di Seluruh Dunia

Tirupati yang ada di India juga menjadi salah satu tempat yang disucikan. Tempat ini sangat terkenal untuk Kuil Venkateswara Swamy yang didedikasikan untuk Lord Venkateswara dan selalu ramai. Tiap hari diperkirakan ada sekitar 50.000 – 10.000 orang yang datang. Sedangkan tiap tahunnya dipadati sampai 40 juta orang. Lokasinya yang berada di atas bukit, yaitu sekitar 853 meter di atas permukaan laut, membuat para pengunjung memerlukan usaha keras untuk sampai kesana. Namun pemandangan di sana sangat menakjubkan sehingga siapa saja akan merasa betah untuk beribadah sambil menikmati view cantik dari atas bukit.

 

Gunung Kailasa, Tibet

Foto 5 Tempat Suci di Seluruh Dunia

Gunung Kailasa juga menjadi salah satu spot yang disucikan di negeri Tibet. Tidak hanya bagi umat Budha, tetapi juga untuk Jainisme dan agama Bon. Menurut kepercayaan agama Hindu, Gunung Kailasa adalah tempat tinggal Dewa Siwa; sedangkan bagi Jainisme gunung ini dikenal sebagai tempat Meru Parvat atau Gunung Sumer, yaitu tempat dimana Jain Tirthankara mendapatkan pencerahan, dan bagi agama Bon – salah satu sekte agama Budha – menganggap kalau Gunung Kailasa adalah rumah bagi Budha Demchok sebagai kebahagiaan tertinggi. Tempat ini dikunjungi oleh ribuan orang per tahun. Mereka tidak peduli harus berusaha keras mendaki gunung untuk dapat sampai kesana. Konon, Gunung Kailasa dianggap sebagai tempat suci yang paling berat untuk dicapai di muka bumi ini karena mereka harus berjalan sejauh 52 km yang bisa dicapai dalam waktu 15 jam.

 

Mau dapat Diskon Rp 75.000 untuk Tiket Pesawat? Cari tau caranya di sini!

 

(Visited 2,784 times, 3 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top