Kuliner

Mengintip Sensasi Segar dan Pedasnya Dabu-Dabu Khas Manado

Kota Manado identik dengan kuliner yang punya cita rasa pedas. Nah, salah satu sumber pedasnya masakan Manado adalah dari sambal segarnya.

Dari berbagai jenis sambal yang beredar di Manado, nama dabu-dabu sering mencuri perhatian para pecinta kuliner. Cocok untuk teman santap ikan maupun ayam bakar, dabu-dabu punya ciri khas yang nggak bisa ditiru sambal lainnya

Hadir dengan irisan tomat dan bawang merah, cabai rawit yang terkandung dalam sambal ini khusus dipilih yang segar. Sensasi pedas makin diperkuat dengan jeruk nipis, yang membuat lidah makin meledak.

Dabu-dabu memiliki varian penyajiannya, lho. Mulai dari dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong dan dabu-dabu lilang sangat mudah dijumpai di rumah makan yang menyajikan ikan bakar.

Tekstur yang renyah karena banyak rempah yang hadir di sambal ini membuat dabu-dabu dicintai warga Manado. Bahkan, konon katanya, dabu-dabu dapat membangkitkan selera makan kamu yang tengah menurun, lho.

Racikan Dapur Sendiri

Secara tampilan, dabu-dabu menyerupai sambal colo-colo yang beken di Maluku. Keduanya sama-sama menggunakan tomat hijau yang segar sebagai bahan utamanya.

Baik colo-colo dan dabu-dabu mengandung jeruk nipis sebagai penancap rasa segarnya. Namun, dabu-dabu nggak menggunakan kecap asin tambahan, sehingga rasa masam dan pedasnya sangat terasa hingga cocolan terakhir.

Nah, untuk menikmati dabu-dabu, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Manado, kok. Sambal ini ternyata bisa dibuat di dapur masing-masing dengan bahan yang mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

Sediakan saja beberapa cabai merah ukuran besar, cabai rawit, bawang merah, serta tomat hijau atau merah yang segar. Jangan lupa untuk menambahkan daun kemangi, satu sendok perasan jeruk nipis, garam, gula dan minyak goreng secukupnya.

Untuk mengolahnya, kamu nggak dapat mengulek semua bahan-bahannya karena dabu-dabu disajikan dalam bentuk irisan dan cacahan. Sehingga, saat dihidangkan, kesan segar dan renyah bakal terasa mantap di lidah.

Sudah nggak sabar mau mencicipi dabu-dabu? Sekalian liburan di Manado. Langsung aja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Manado lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Manado cari hotel murah di Manado

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top