Kuliner

Mengintip Sejarah Kwetiau: Lahir di Cina, Popular di Indonesia

Buat kamu pecinta kuliner Mandarin, pasti sudah nggak asing dengan hidangan kwetiau. Yap, sajian yang mengombinasikan mie beras dengan rempah-rempah ini mudah banget ditemui.

Bahkan, nyaris semua pedagang nasi goreng mampu membuat kwetiau yang lezat. Menariknya, kwetiau khas Indonesia memiliki ragam yang cukup banyak, mulai dari kwetiau Medan hingga kwetiau Pontianak dengan topping kepiting.

Meski cukup beken di Indonesia, nyatanya kwetiau justru datang dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Masuknya warga Tionghoa di Indonesia pada ratusan tahun yang lalu menjadi awal penyebaran kwetiau bersamaan dengan masakan mandarin lainnya.

Dikenal juga dengan sebutan char kway teow, kwetiau merupakan kuliner yang disajikan oleh para nelayan dan petani pada malam hari. Target pasarnya adalah para buruh lokal, sehingga kwetiau termasuk kuliner yang terjangkau.

Nah, di Cina sendiri ada dua jenis kwetiau yang berbeda berdasarkan etnisnya, ada kwetiau khas Hokkian dan Tio Ciu. Jika kwetiau Hokkian identik dengan lauk seperti bakso ikan dan sosis babi, kwetiau siap memanjakan kamu dengan daging sapi dan jeroan.

Saat masuk ke Indonesia, kwetiau berusaha membaur dengan budaya lokal, terlebih mayoritas masyarakat di sini beragama Islam. Sehingga, campuran daging babi di dalam kwetiau digantikan oleh suwiran ayam maupun potongan daging sapi dan ati ampela.

Saking terkenalnya di Indonesia, ada banyak kedai kwetiau yang berkembang pesat, lho. Salah satu yang sangat popular adalah kedai Kwetiau Akang Medan.

Dikenal dengan kekenyalannya, Kwetiau Akang Medan siap memanjakan lidah kamu dengan berbagai macam topping. Mulai dari udang, bakso, dan irisan daging sapi. Kalau belum puas, kamu juga bisa coba kwetiau babi yang rasanya bisa bikin nggak move-on.

Aroma rempah yang keluar dari bumbu menjadi alasan Kwetiau Akang Medan dicintai banyak orang. Kamu bisa temui kedai Kwetiau Akang Medan di jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan.

Mau berburu kwetiau enak? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top