Destinasi

Mengintip Pesona Ranu Manduro, New Zealand Versi Indonesia yang Lagi Viral

Mau menikmati keindahan padang savana dengan latar belakang gunung yang megah ala Selandia Baru? Nggak perlu jauh-jauh, deh! Soalnya Kabupaten Mojokerto punya satu spot wisata alam dengan pemandangan serupa, Ranu Manduro.

Terletak di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Ranu Manduro menawarkan padang savana hijau yang cantik. Di tengahnya, terdapat beberapa oase dengan bukit berbatu yang terpecah dan yang tersebar luas.

Di baliknya, kamu bisa melihat deretan pegunungan Penanggungan yang punya ketinggian 1,653 mdpl. Mirip banget seperti apa yang kamu bisa dapatkan kalau lagi main ke Taman Nasional Fiordland dan Gunung Ruapehu di Selandia Baru.

Udara yang sejuk dan kaya oksigen bikin Ranu Manduro jadi tempat yang pas buat kamu melepas stress. Apalagi, kawasan ini juga jadi area yang ramah bagi burung-burung terbang rendah dan mencari mangsanya di balik bukit bebatuan tersebut.

Saking memesonanya, Ranu Manduro pun mulai menarik perhatian wisatawan lokal yang tengah liburan di Mojokerto. Bahkan, tiap akhir pekan, kawasan ini kerap dipadati kendaraan bermotor yang rela antri berjam-jam demi memasuki kawasan ini.

Foto by: Youtube Kapten Harun

Menariknya, Ranu Manduro adalah bekas lokasi pertambangan miliki PT Wira Bumi. Jadi, kalau kamu main ke sini disarankan berhati-hati, terutama dalam memilih spot bersantai atau berfoto-foto. Karena, kontur tanah yang nggak rata dan licin kalau hujan bisa membahayakan.

Ranu Manduro sendiri viral di sosial media karena banyak yang mengabadikan tempat ini melalui aplikasi Tiktok. Dengan lagu Sunday Best milik Surface yang identik dengan kata-kata “Feeling good“, Ranu Manduro sukses mencuri perhatian.

Buat main ke Ranu Manduro, kamu hanya perlu melalui rute Kota Mojekerto-Jalan Pahlawan-Jalan Gempol-Mojokerto-Jalan Raya Ngrangnggon-Jalan Gajah Mada-Jalan Brawijaya-Ngoro-Ranu Manduro. Tertarik main ke sana?

Pengin main ke Mojokerto? Yuk, cari tiket kereta api, tiket bus dan cari hotel murah di Wonosobo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top