Destinasi

Mengintip Pesona Menawan Gunung Merbabu di Jawa Tengah

Jawa tengah jadi rumah bagi beberapa gunung cantik. Selain Gunung Merapi dan Gunung Slamet, provinsi ini turut menghadirkan Gunung Merbabu di tengah-tengahnya.

Terletak di tiga wilayah kabupaten, Magelang, Boyolali, dan Semarang, Gunung Merbabu merupakan saudara kembali Gunung Merapi yang masih aktif. Dengan ketinggian 3.145 mdpl, Gunung Merbabu menawarkan panorama yang nggak kalah menawannya, lho.

Memiliki jalur pendakian yang cukup spesial membuat Merbabu sayang untuk dilewatkan. Medannya yang nggak terlalu berat dengan atmosfer ekstrem dari kabut tebal dan udara dingin menjadi alasannya.

Soal vegetasi, Merbabu tampil lebih hijau dari saudaranya, Merapi. Gunung tersebut dikelilingi hutan lebat yang sangat hijau di mana tumbuhan runjung tampil mendominasi.

Dengan lima buah kawah, kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo, Gunung Merbabu memiliki dua puncak, Syarif dan Songo. Keduanya menawarkan panorama menggugah emosional, di mana kamu bisa dengan puas melihat Pulau Jawa dari ketinggian 3000 meter lebih.

Lima Jalur Pendakian

Jika Merapi hanya memiliki satu jalur pendakian, maka Merbabu punya lima! Letaknya yang berada di tiga daerah administrasi kabupaten membuat Gunung Merbabu mudah sekali untuk dijangkau.

Jika kamu datang dari kota Semarang, kamu cukup menggunakan jalur Kopeng Thekelan, Salatiga. Sedangkan, kalau kamu dari Magelang, jalur Wekas jadi yang paling favorit.

A post shared by Petualang_ku (@petualang_ku) on

Jika dua jalur tersebut nggak memungkinkan untuk ditempuh, Merbabu juga hadir dengan jalur Kopeng Cunthel, Suwanti dan Selo. Nah, khusus untuk Selo, kamu bakal mendapatkan banyak sekali teman mendaki karena ini merupakan jalur utamanya.

Setiap jalur dibekali dengan empat hingga lima pos pemberhentian. Jadi, nggak usah khawatir lelah mendaki Gunung Merbabu.

Kaki Gunung Juga Asyik

Nah, buat kamu yang ingin main ke Gunung Merbabu tanpa pendakian, nggak usah khawatir. Masih banyak tempat-tempat wisata di kaki Gunung Merbabu yang nggak kalah kerennya.

Salah satu yang menarik adalah Desa Samiran. Terletak di Selo, Boyolali. Berwujud desa wisata, Desa Samiran siap memanjakan kamu dengan ragam keindahan alamnya.

Foto: Johanjacob_oki

Hamparan sawah hijau berpadu dengan pemandangan cantik Gunung Merbabu yang menjulang tinggi. Angin gunung yang semilir pun makin membuat tiap turis yang datang berkunjung betah berlama-lama di Desa Samiran.

Desa ini turut memiliki satu wisata tambahan, Goa Raja. Gua ini merupakan tempat di mana Raja dan Ratu Kasunanan Surakarta bermeditasi, mencari ketenangan.

Foto utama: eoasia

Tertarik buat main ke Gunung Merbabu? Mampir dulu ke Semarang Kalau iya, langsung aja rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Semarang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Semarang pesan tiket kereta api murah ke Semarang  cari hotel murah di Semarang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 100 times, 9 visits today)

Comments

To Top