Event & Festival

Mengintip Keunikan Seni Ukir di Festival Pesona Budaya Asmat 2018

Ada rencana main ke Tanah Papua dalam waktu dekat? Jangan lupa main ke Kabupaten Asmat.

Sebagai warisan dunia versi UNESCO, Kabupaten Asmat hadir dengan beragam kebudayaan lokal yang nggak akan pernah pudar. Salah satu yang paling menarik perhatiannya adalah ukiran khas Asmat.

Setiap tahun, ratusan seniman pemahat memamerkan karyanya lewat ajang Festival Pesona Budaya Asmat. Digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat, ajang ini bertujuan untuk mengenalkan Asmat sebagai situs warisan budaya (culture heritage) serta tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Yang bikin spesial dari pameran seni di Festival Pesona Budaya Asmat adalah kualitas ukirannya. Dibuat langsung oleh para ekspert memahat asal Suku Asmat, ukiran yang dihasilkan memiliki nilai-nilai yang berkaitan dengan roh leluhur.

Mulai 19 hingga 23 Juni 2018 mendatang, Festival Pesona Budaya Asmat diprediksi akan kebajiran banyak wisatawan, baik yang ingin melihat-lihat maupun yang ingin memborong ragam cinderamata. Kabarnya, nilainya transaksi dapat mencapai milyaran Rupiah, lho!

Nggak cuma pameran hiburan, Festival Pesona Budaya Asmat turut diisi oleh beragam hiburan lainnya. Seperti tarian dan musik, lelang patung, demo membuat ukiran, lomba perahu, dan pemilihan abang none Asmat.

Berawal dari Tingkat Siswa

Festival Pesona Budaya Asmat sudah digelar sejak 1980-an. Kalau itu kaum misionaris, berinisiatif untuk menggelar lomba seni tingkat siswa, mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Lantaran banyak hasil ukiran sang orang tua yang diikutsertakan, para misionaris pun mengalihkan perlombaan menggambar menjadi ajang mengukir tingkat profesional. Respon positif dari para wisatawan berujung dukungan penuh dari Bupati Merauke kala itu, R. Soekardjo dengan terlaksananya Festival Pesona Budaya Asmat pertama kali di akhir 1990.

Lapangan Yos Sudarso pun menjadi venue dari festival yang satu ini selama bertahun-tahun. Dengan level festival internasional, ajang ini nggak luput dari pemberitaan media lokal maupun asing yang datang khusus untuk meliput.

Nah, kira-kira kamu tertarik buat mampir ke Festival Pesona Budaya Asmat?

Nggak sabar kan pengin mengunjungi Pantai Lovina? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto:  Pemkab Asmat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top