Destinasi

Mengintip Kemegahan Gerbang Kota Kudus Kretek yang Menawan

Mudik Lebaran lewat jalur Pantura? Jangan lupa mampir ke Kudus, yuk! Terletak di sebelah timur Semarang, Kudus punya spot wisata yang ikonik banget, Gerbang Kota Kudus Kretek (GKKK).

Monumen hasil kolaborasi Pemkot Kudus dengan PT Djarum ini terlihat megah banget. Apalagi kalau malam hari tiba, lampu hias yang mengitari bangunan setinggi 12 meter ini bakal memanjakan mata siapapun yang memandang.

Terletak di kawasan Taman Tanggul Angin, monumen ini menjadi ikon kota Kudus terlihat sangat megah. Saking spesialnya, butuh tujuh bulan untuk membangun Gerbang Kudus Kretek dengan total biaya mencapai Rp16 miliar sebelum akhirnya diluncurkan pada 2015 lalu.

Gerbang Kudus Kretek memiliki diorama dan pencahayaan yang keren. Jika dipandang secara seksama, Gerbang Kota Kudus Kretek merupakan bentuk dari daun tembakau, melambangkan Kudus sebagai Kota Kretek.

Dengan lebar 21 meter, Gerbang Kota Kudus Kretek memiliki replika daun tembakau yang terbuat dari bahan stainless khusus dari Australia. Replika daun ini sangat detail dengan 100 tulang daun di kedua sisinya.

Nggak cuma itu. Jumlah jari-jari daun yang mencapai 59 ruas ini memiliki makna tersendiri. Angka lima merupakan lambang Rukun Islam dengan angka sembilan sebagai representasi jumlah Wali Sango, para tokoh penyebaran agama Islam di Indonesia.

Buat main dan menikmati kemegahan Gerbang Kota Kudus Kretek, kamu nggak perlu turun dari kendaraan. Tapi, kalau penasaran dan ingin foto-foto, silahkan berjalan kaki menuju Gerbang Kota Kudus Kretek yang letaknya di sisi jalan. Tertarik main ke sini?

Yuk, rencanakan liburanmu dengan keluarga di Kudus. Ayo pesan tiket kereta api ke Kudus dan cari hotel murah di Kudus lewat Pegipegi, ya. Selamat liburan!

pesan tiket kereta api murah ke Kudus cari hotel murah lain di Kudus

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top