Destinasi

Mengintip keindahan masjid-masjid di Indonesia

Travelers, Selasa besok umat Muslim akan merayakan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Bagi para travelers Muslim, wisata religi bisa jadi alternatif kegiatan kamu saat liburan. Mau tahu tempat-tempat mana saja yang cocok untuk berwisata religi? Ini dia beberapa destinasi yang pegipegi rangkum untuk kamu:

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh (Nanggroe Aceh Darusallam)

aceh baiturrahman

Masjid yang terletak di pusat kota Aceh ini adalah salah satu masjid termegah di kawasan Asia Tenggara. Selain bangunannya yang megah, masjid ini juga dihiasai berbagai ukiran yang indah. Tidak heran, masjid ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Aceh. Yang lebih menakjubkan, Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu bangunan yang selamat dari terjangan Tsunami dahsyat 26 Desember 2004 lalu, meskipun beberapa bagian masjid rusak. Untuk kamu yang berencana ke Aceh atau bertempat tinggal di dekat sana, tidak ada salahnya mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman sebagai destinasi wisata religi.

Masjid 99 Al Makazzary, Makassar (Sulawesi Selatan)

ab382c07d144488c76d83911d55fe7bc66577443

Masjid 99 Al Makazzary merupakan masjid terapung pertama di Indonesia yang terletak di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Memiliki tiga lantai, masjid ini dibangun dari dana sumbangan para dermawan yang mampu menampung hingga 500 jamaah. Angka 99 melambangkan 99 sifat Allah atau Asmaul Husna. Masjid ini menjadi simbol kebanggaan masyarakat Makassar yang melambangkan makna keislaman, kebesaran dan kebanggaan. Karena letaknya di tepi pantai, Masjid 99 Al Makazzary memang menggabungkan konsep religi dan wisata. Bayangkan, saat kamu sedang beribadah di sana sambil menikmati sunset Pantai Losari. Indaahh…!

Masjid Agung Jawa Tengah Semarang (Jawa Tengah)

Mosque-Agung-Jawa-Tengah-Semarang-Indonesia-8

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu Masjid termegah di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Kompleks masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 m2. Selain besar dan megah, masjid ini juga terbilang canggih karena dilengkapi dengan payung raksasa hidrolik yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Payung raksasa ini mengadopsi arsitektur Masjid Nabawi di Madinah. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan obyek wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam.

Islamic Center Samarinda (Kalimantan Timur)

islamic center samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Terdapat 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid berjumlah 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Masjid Bayan Beleq, Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat)

imgp5990

Saat berlibur ke Lombok, kamu bukan hanya bisa mengagumi panorama pantai yang spektakuler. Coba berkunjung ke Desa Bayan di Kabupaten Lombok Utara dan temukan Masjid Bayan Beleq. Inilah masjid paling bersejarah di Lombok karena merupakan masjid tertua di pulau ini. Tidak seperti kebanyakan masjid yang berarsitektur moderen dan megah, Masjid Bayan Beleq masih memiliki bangunan tradisional di mana dinding-dindingnya masih terbuat dari bambu. Untuk menjaga bangunan masjid yang sudah tua, serta kapasitas masjid yang hanya mampu menampung sekitar 40 jamaah, maka diputuskan bahwa hanya pemuka-pemuka agama yang bisa melaksanakan salat di sana.

(Visited 1,254 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top