Destinasi

Mengintip Keindahan Istana Tampak Siring di Bali

momtravelerblog.wordpress.com

Saat ke Bali, mungkin wisata kuliner dan berkunjung ke pantai-pantai jadi agenda wajib kamu. Padahal, selain hal-hal di atas, ada banyak spot bersejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Istana Tampaksiring. Di Indonesia sendiri memang tersebar beberapa istana kepresidenan yang masih berdiri kokoh hingga sekarang, di antaranya Gedung Agung di Yogyakarta, Istana Bogor, dan Istana Merdeka di Jakarta. Yuk, mengintip kecantikan istana negara yang pembangunannya diprakarsai Presiden RI pertama, Ir. Soekarno ini.

Istana di atas bukit
Dibangun pertama kalinya pada tahun 1957, istana Tampaksiring ada di jalan Astina Pura Utara, Desa Tampaksiring, Gianyar. Didesain oleh arsitek bernama R.M Soedarsono, istana ini terletak di atas bukit, sekitar 700 meter di atas permukaan air laut.
Bangunan terdiri dari dua gedung utama, Wisma Merdeka sebagai tempat presiden dan keluarganya dan Wisma Yudhistira yang menjadi tempat menginap tamu kehormatan presiden.
Selanjutnya di tahun 1963 kembali dibangun Wisma Negara yang menjadi tempat untuk menjamu tamu kehormatan dan Wisma Bima tempat beristirahat para pengawal presiden. Nah, Wisma Negara dan Wisma Merdeka dihubungkan oleh jembatan yang dinamakan jembatan persahabatan. Kedua bangunan ini juga kental dengan ornamen serta arsitektur khas Bali, baik pada ukiran kayu maupun elemen arsitektur lain.

1

kamianaksenadi.blogspot.com

Pemandangan menakjubkan
Sesampainya di sana, kamu akan disambut pemandangan yang sangat menakjubkan. Tepat di depan istana, ada sawah berundak-undak dan berbagai jenis pepohonan yang menghiasi area di dalam istana. Karena tekstur di kawasan ini nggak rata, jalanan yang dibangun di dalam istana juga dibuat berkelok-kelok dan membuatnya tampak makin menarik.
Alihkan pandangan ke arah utara, di sana kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Batur yang menjulang tinggi. Sedangkan di sisi timur terlihat Gunung Agung yang gagah. Pemandangan mengagumkan inilah yang membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara nggak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Istana Tampaksiring saat di Bali.

bumi-nusantara.blogspot.com

bumi-nusantara.blogspot.com

Terkenal di mata dunia
Tempat bersejarah ini istimewa karena menjadi istana pertama yang dibangun setelah Indonesia merdeka dan difungsikan untuk menjamu tamu-tamu negara. Tamu-tamu negara yang pernah menginap di sini pun sangat banyak. Mulai dari Kaisar Hirohito (Jepang), PM Jawaharlal Nehru (India), Sekjen PBB Javier Perez de Cuellar, Pangeran Norodom Sihanouk (Kamboja), Presiden Josip Broz Tito (Yugoslavia), Presiden Ne Win (Myanmar), dan masih banyak lagi. Tamu-tamu penting ini pun terkesan dengan atmosfer di sekitar Istana Tampaksiring karena begitu rindang dengan udara yang bersih dan menyegarkan.

Relaksasi di Tirta Empul
Satu spot yang nggak boleh dilewatkan saat mengunjungi Istana Tampaksiring adalah Pura Tirta Empul. Di tempat ini ada pemandian yang begitu terkenal dan menjadi favorit wisatawan lokal dan mancanegara, yaitu Pemandian Tirta Empul.
Airnya jernih dan di pemandian ini pengunjung bisa berendam untuk mendinginkan tubuh. Tapi, kamu nggak diijinkan mandi di kolam utama Tirta Empul karena tempat ini bukan untuk umum dan hanya bisa didatangi oleh pengunjung yang mengenakan pakaian adat Bali.
Jangan lewatkan juga untuk melihat kawanan rusa di sekitar Istana Kepresidenan yang memang dipelihara di sana. Dirawat dengan baik, istana ini bahkan memiliki penangkaran khusus untuk rusa.

www.vacationbaliindonesia.com

www.vacationbaliindonesia.com

Info penting!
Bagaimana, apakah kamu makin penasaran dengan keindahan Istana Tampaksiring? Ingat, sebelum berkunjung, pastikan kamu sudah mengajukan surat ijin minimal seminggu sebelum kedatangan. Hal ini untuk menghindari kekecewaan. Bayangkan jika pengunjung sudah berdatangan, tapi nggak bisa masuk karena istana ditutup untuk acara kepresidenan maupun tamu negara yang berkunjung.
Tenang, masuk ke Istana Tampaksiring nggak dipungut biaya apapun, kok. Yang penting kamu berpenampilan rapi, dan tidak memakai pakaian terbuka seperti baju tanpa lengan maupun rok mini. Masuk ke komplek istana ini juga nggak diperbolehkan membawa makanan dan minuman, ya untuk menjaga kebersihannya.
So, tunggu apalagi? Buruan atur perjalanan kamu sekarang juga di pegipegi karena hanya di sini yang bisa memberi harga paling murah untuk pesawat dan hotel.

(Visited 1,638 times, 5 visits today)

Comments

To Top