Destinasi

Mengintip cantiknya Lembah Harau di Sumatera Barat

lembah harau payakumbuh

lembah harau payakumbuh

Travelers, mungkin sebagian dari kita hanya mengenal Bukittinggi dan Padang sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat. Atau Pulau Sikuai yang terkenal beberapa tahun belakangan ini berkat keindahan laut dan alam sekitarnya.

Jangan salah travelers, Sumatera Barat masih punya banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi lho. Salah satunya adalah Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari kota Payakumbuh. Nama Lembah Harau menjadi terkenal di kalangan traveler berkat panoramanya yang menawan.

Lembah Harau sendiri sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki luas 669 hektar. Lembah subur ini terletak di antara dua tebing batuan pasir yang tingginya bisa mencapai 100 meter dan membentang hingga beberapa kilometer jauhnya. Sepanjang wilayah itu, kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan, mulai dari bentangan sawah, tebing-tebing batu granit serta sejumlah air terjun yang terdapat di wilayah Lembah Harau.

Untuk mencapai Lembah Harau, kamu bisa memulai perjalanan dari Bukittinggi ke arah barat, tepatnya ke arah Pekanbaru. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, tapi dijamin kamu tidak akan bosan selama perjalanan karena pemandangan yang tersedia akan membuat kamu enggan memejamkan mata.

Meskipun Lembah Harau lebih sepi dibandingkan Bukittinggi dan Padang, tapi kamu tidak perlu khawatir soal kendaraan, travelers. Untuk mencapai Lembah Harau kamu bisa naik kendaraan umum kea rah Payakumbuh, ataupun menyewa mobil. Di kawasan Lembah Harau sendiri kamu juga bisa menemukan becak motor untuk mengantarkan kamu ke obyek-obyek wisata di sana.

Selain alam hijau yang menyelimuti wilayah ini, Lembah Harau juga menawarkan daya tarik lain berupa airterjun-air terjun yang indah dan eksotis. Diantaranya adalah Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai dan Air Terjun Sarasa Luluih.

Jangan salah, travelers, meski ‘judulnya’ sama-sama air terjun, keempat air terjun tersebut menawarkan pemandangan berbeda satu sama lain. Contoh saja, di Sarasah Aie Luluih airnya mengalir melewati dinding batu ke kolam tempat mandi alami di bawah air terjun. Sementara di Sarasa Murai, konon ada kepercayaan bisa enteng jodoh bagi orang-orang yang mandi dan berdoa di sana.

Kecantikan air terjun belum cukup untuk membuat kamu terpesona? Buat kamu yang aktif, Lembah Harau juga siap menantang para pecinta olahraga panjat tebing. Ya, Lembah Harau yang dikelilingi tebing-tebing curam ini memang menjadi spot yang ideal bagi pecinta olahraga ekstrem. Bahkan, pada tahun 2010 lalu, Lonely Planet menobatkan Lembah Harau sebagai The Best Developed Rock Climbing Area di Sumatera lho!

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Lembah Harau adalah trekking. Kamu bisa mencari pemandu lokal untuk memandu kamu trekking. Biasanya, paket one day tracking dibanderol sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Mencari tempat penginapan? Di Lembah Harau kamu bisa menemukan banyak penginapan tipe homestay. Tapi, ada juga kok penginapan berupa resort untuk kamu yang mengutamakan kenyamanan.

 

Tuh, makin tergoda kan ke Lembah Harau, travelers? Yuk cari tiket pesawat ke Sumatera Barat hanya di Pegipegi!

 

 
 

 

 

 

(Visited 3,986 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top