Destinasi

Mengintip Bali dari Pantai Watu Dodol, pantai di ujung timur Banyuwangi

Pantai Watu Dodol

Jika ingin menikmati keindahan pantai yang lokasinya strategis di Banyuwangi, datanglah ke Pantai Watu Dodol, travalers. Meski dekat dengan pusat kota, pantai yang memiliki ciri khas patung penari Gandrung ini tetap memberikan pemandangan spektakuler. Mulai dari air laut yang jernih, lalu-lalang feri yang sedang menyeberang, sampai memandangi selat Bali dari atas bukit bisa kamu nikmati dari Pantai Watu Dodol ini, travelers.

Pantai Watu Dodol

FOTO: indonesiawildplace.wordpress.com

Penasaran dengan keunggulan lainnya yang ditawarkan Pantai Watu Dodol? Yuk simak uraian-nya berikut ini.

 

Lokasi Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol ini termasuk salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi, travelers. Apalagi, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lokasi pantai ini cukup strategis sehingga mudah dicapai para wisatawan.

Pantai Watu Dodol ini berada di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Posisinya persis berada di jalur yang menghubungkan Banyuwangi dan Sitobondo. Jadi nggak heran, Pantai Watu Dodol mudah diakses dari kedua arah.

Kalau travelers berangkat dari Banyuwangi, Pantai Watu Dodol bisa dijangkau dengan jarak 15 kilometer ke arah utara atau kurang lebih dua kilometer dari Pelabuhan Ketapang. Saat musim libur, Pantai Watu Dodol makin ramai dikunjungi wisatawan, travelers. Bahkan, nggak sedikit diantara mereka memanfaatkan pantai ini sebagai tempat istirahat setelah menempuh perjalanan jauh.

 

Kegiatan di Pantai Watu Dodol

Nggak hanya menawarkan pemandangan yang elok, di Pantai Watu Dodol juga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru. Dari sini, kamu bisa melihat Pulau Bali. Ingin menikmati pemandangan yang lebih spektakuler dan memanjakan mata? Travelers bisa mendaki bukit yang letaknya di seberang. Setelah cukup lelah trekking ke atas bukit, kamu bisa melihat panorama selat Bali yang lebih luas dan sangat indah. Deretan gunung di Pulau Dewata juga nggak luput dari pandangan. Hamparan laut lepas dengan warnanya yang biru jernih dan diramaikan deretan feri menjadi pemandangan yang sungguh memanjakan mata!

Jika angin sedang bersahabat, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing ikan-ikan segar atau mencari spot terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut, travelers. Sekadar berjalan dengan kaki telanjang menyusuri Pantai Watu Dodol atau bermain air di pinggirannya juga nggak akan mengurangi keseruan liburan kamu.

Selain menjadi tempat favorit menghabiskan liburan, Pantai Watu Dodol juga memiliki berbagai keunikan, travelers. Di sini, kamu bisa menemukan sumber air tawar yang telaknya di area bibir pantai. Anehnya, meski air laut sedang pasang dan masuk ke dalam sumber air, air di dalamnya sama sekali tidak terasa asin, travelers. Karena keanehannya itu, masyarakat sekitar percaya air tawar di Pantai Watu Dodol ini punya khasiat ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Keunikan lain yang bisa kamu temukan di Pantai Watu Dodol adalah batu karang yang bentuknya berbeda. Di Pantai Watu Dodol, batu karangnya berwarna hitam mengkilap dan sangat keras serta ditumbuhi kaktus di sekitar bebatuannya. Tak berhenti sampai di situ, di Pantai Watu Dodol juga terdapat dua bunker yang dibangun dan digunakan di era penjajahan Jepang pada 1942 sampai 1945, travelers.

Misteri batu besar di Pantai Watu Dodol

Saat mengunjungi Pantai Watu Dodol, travelers akan melihat sebuah batu besar yang terletak di tengah jalan, nggak jauh dari patung Gandrung. Batu berdiameter 15 meter dan tinggi lebih dari 10 meter ini konon menjadi asal mula penamaan Pantai Watu Dodol, yang secara harfiah berarti batu yang liat dan keras.

Menurut cerita yang beredar, sudah beberapa kali batu ini dipindahkan atau dihancurkan, termasuk oleh tentara Jepang, namun tak pernah berhasil hingga akhirnya dibiarkan sampai sekarang dan menjadi ikon Pantai Watu Dodol. Terlepas dari misteri batu besar, Pantai Watu Dodol layak banget dijadikan referensi wisata yang menyenangkan, travelers! So, rencanakan perjalananmu sekarang juga dengan pegipegi, biar liburanmu bebas worry!

(Visited 220 times, 1 visits today)

Comments

To Top