Tips

Menginap Sendirian di Hotel? Ini 8 Tipsnya Biar Tetap Aman!

Berencana solo traveling tapi takut saat harus tidur di hotel sendirian? Nggak usah khawatir! Kamu bisa tetap merasa aman dan nyaman kalau tahu 8 tips berikut ini!

1. LETAKKAN TANDA “DO NOT DISTURB”

Saat kamu meninggalkan kamar hotel untuk pergi, letakkan tanda “do not disturb” di luar pintu kamar. Ini bisa mencegah siapapun, termasuk housekeeping, untuk masuk ke kamar kamu. Kecuali kalau kamu ingin kamarnya dibersihkan, jangan lupa simpan barang-barang berharga di tempat yang aman, ya.

2. PELAJARI PETA DARURAT

Foto: Wikimedia

Di balik pintu kamar hotel, biasanya ada peta darurat. Peta ini menunjukkan di mana jalur darurat yang harus dilalui saat ada keadaan mendesak, seperti kebakaran atau bencana lainnya. Kamu sebaiknya mempelajari jalur tersebut sehingga saat terjadi keadaan darurat, kamu sudah tahu harus berlari ke mana tanpa harus panik.

3. PILIH KAMAR DI LANTAI TENGAH

Kamar hotel yang terletak di lantai tengah dinilai lebih aman dibandingkan kamar di lantai lainnya. Kalau kamu pilih kamar di lantai paling bawah yang dilalui oleh banyak orang, ada potensi kamar kamu akan diakses oleh orang lain. Sedangkan kamar paling atas dinilai menyulitkan saat ada keadaan darurat. Jadi, jika memungkinkan pilih kamar di lantai tengah, ya!

4. SELALU TUTUP GORDEN KAMAR

Foto: Homesfeed

Saat kamu ada di dalam kamar atau tidak, sebaiknya tutup gorden kamar hotel. Selain untuk menjaga privasi, orang lain yang ada di luar tidak dapat sembarangan mengintip ke dalam kamar kamu. Kalau orang lain tahu kamar kamu sedang kosong atau kamu terlihat sedang sendirian, bisa mengundang tindak kriminal, kan?

5. SIMPAN BARANG PENTING DI TAS KECIL

Kartu identitas, paspor, uang, dan barang penting lainnya sebaiknya dikumpulkan menjadi satu dalam tas kecil. Saat ada keadaan darurat, tas berisi barang penting inilah yang harus langsung kamu bawa. Jadi, kamu nggak perlu khawatir barang penting kamu akan tercecer. Pastikan tas kecil ini selalu kamu bawa dan berada di dekat kamu saat di hotel.

6. MANFAATKAN BRANKAS

Kalau kamu merasa repot harus bawa barang penting ke mana-mana, manfaatkan brankas pribadi yang biasanya tersedia di kamar hotel. Brankas ini juga bisa menjaga barang penting kamu ketika housekeeping membersihkan kamar. Jangan lupa untuk menggunakan password yang unik dan hindari penggunaan angka yang standar seperti 123456 atau 000000. Kamu juga harus pastikan bahwa hanya kamu yang tahu password-nya.

7. TUTUP LUBANG INTIP DI PINTU KAMAR

Foto: Pixabay

Lubang intip yang ada di pintu kamar hotel berguna untuk melihat ke luar saat ada yang mengetuk pintu. Tapi, kalau ternyata lubang intipnya memiliki kualitas yang kurang baik, orang yang ada di luar kamar bisa mengintip ke dalam, lho. Nah, kalau begitu ada baiknya kalau kamu selalu menutup lubang intip di kamar, ya.

Saat ada yang mengetuk, kamu bisa mengintip terlebih dahulu dan jangan langsung membuka pintu. Tanyakan dulu siapa dan apa maksud kedatangannya. Kalau kamu sudah yakin, barulah buka pintu kamar kamu.

8. SELALU PASANG KUNCI SLOT

Setiap kamu masuk ke kamar, jangan lupa pasang kunci slot agar tetap aman. Setiap kunci kamar hotel biasanya tersedia kunci cadangan, baik yang menggunakan kartu maupun kunci biasa. Jadi, kalau tiba-tiba ada yang membuka pintu kamar kamu dengan kunci cadangan, kamu bisa tetap aman berkat kunci slot.

Kalau sudah tahu tips-tips ini jadi nggak takut lagi dong mau liburan sendirian? Yuk, langsung rencanakan liburan kamu dan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Pixabay

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top