Destinasi

Menghilangkan Jenuh di Gunung Halimun Salak, Bogor

Sedang mencari tempat wisata yang nggak jauh dari Jakarta? Kalau iya, kamu bisa coba main ke Gunung Halimun Salak di Bogor. Setiap paginya, kamu akan menyaksikan kabut yang membingkai barisan pohon pinus, juga ada kali berair jernih di sana. Tempat wisata ini kerap disebut Taman Nasional Gunung Halimun dan didirikan pada tahun 1992. Memiliki hutan seluas 113.000 hektar, merupakan rumah bagi 23 spesies mamalia, 200 spesies burung, serta lebih dari 500 spesies tumbuhan.

Kalau mau camping di sana juga bisa, lho. Soalnya sudah tersedia toilet bersih dan tempat ibadah. Jika nggak mau camping, kamu bisa hiking sekaligus menikmati suasana. Kamu bisa menitipkan kendaraan dengan menempuh jalan dari Ciherang atau Batu Tulis. Selebihnya, kamu tinggal jalan kaki, melintasi jalan setapak pegunungan, menyeberangi sungai, dan menembus Halimun.

Beberapa puncak dan hutan di sana masih relatif lebat, sehingga menjadi daya tarik untuk para pecinta alam. Di antara puncak yang ada, puncak yang paling umum didaki adalah puncak Gunung Salak 1, karena di puncak ini terdapat Kawah Ratu yang juga merupakan objek wisata. Di lokasi ini, kamu harus berhati-hati untuk tidak terlalu lama dan dekat dengan sumber uap panas, karena terdapat gas berbahaya dan beracun.

Air terjun atau curug juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Gunung Halimun. Bisa bersantai di air terjun dan menikmati air, juga udara yang sejuk tentu sangat menyenangkan. Curug yang ada di sana antara lain Curug Cimantaja, Curug Cipamulan, Curug Piit, Curug Walet, dan masih banyak lagi. Selain itu, di Taman Nasional Gunung Halimun juga ada perkebunan teh yang bisa kamu nikmati kesegarannya.

Pengin mencari hotel di Bogor biar liburan lebih maksimal? Yuk, cek di Pegipegi!

cari hotel murah di bogor

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top