Destinasi

Garuda Wisnu Kencana, bukan sekadar patung raksasa!

Belum lengkap datang ke Bali kalo belum berkunjung ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Bali memang pantas dinobatkan sebagai pulau terindah di dunia berkat keindahan panorama alamnya. Tapi asal kamu tahu aja ya, bukan itu aja yang menjadi alasan travelers sejagat memilih Pulau Bali sebagai salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi lebih dari satu kali. Masih banyak hal lain misalnya Garuda Wisnu Kencana atau yang akrab dengan singkatan GWK ini.

Garuda-Wisnu-Kencana-Bali

foto : www.rentalmobilbali.net

Sejarah pembangunan Garuda Wisnu Kencana

Menurut kisah-kisah populer Hindu Garuda adalah makhluk bertubuh manusia berkepala burung dan bisa terbang. Ayah Garuda adalah Rsi Kasyapa dan ibunya bernama Winata. Suatu hari, Garuda mendengar ibunya, Winata, terpaksa hidup sebagai budak akibat tipu muslihat Kadru, kakak Winata.

Saat Garuda berusaha membebaskan ibunya yang dijaga para ular, ia diminta untuk mengambil amrita, air suci milik para dewa, dan para ular akan membebaskan ibunya kalo ia berhasil mencurinya. Karena rasa cintanya pada ibunya, Garuda nekat mencuri air keramat meski harus mengalahkan para dewa yang menyerangnya bersama-sama.

Dewa Wisnu tahu kalo Garuda tak bisa dikalahkan. Ia mendatangi Garuda dan bertanya, kenapa ia nekat mencuri sesuatu yang bukan miliknya. Garuda bilang, karena ia ingin membebaskan ibunya. Dewa Wisnu terharu mendengar jawaban Garuda. Ia pun membiarkan Garuda pergi buat membebaskan ibunya, dengan syarat Garuda harus kembali kepadanya dan bersedia menjadi tunggangannya.

Kisah ini menjadi alasan mengapa Garuda dianggap sebagai lambang bagi semangat untuk memerdekakan dan membawa suatu bangsa ke arah kemajuan. Nggak heranlah kalo Ir. Sukarno, presiden pertama kita, mengusulkan Garuda sebagai lambang negara. Dan di jaman modern ini Garuda kembali mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat Bali dengan didirikannya Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Pembangunan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana adalah suatu mega proyek yang memakan waktu hampir 10 tahun, yaitu sejak tahun 1997 sampai 2007. Dan proyek pembangunan Garuda Wisnu Kencana dihentikan sampai sekarang karena mengalami kekurangan dana.

Problem ini mengakibatkan pembuatan patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki Garuda di Garuda Wisnu Kencana belum selesai 100 persen. Patung ini awalnya dimaksudkan sebagai landmark Pulau Dewata. Dengan tinggi mencapai 126 meter dan berat 3000 ton, patung ini diharapkan bisa mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Akankah misi ini berhasil, travelers? Kita tunggu saja.

Apa yang bisa dinikmati di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park?

Sesuai dengan namanya, Garuda Wisnu Kencana ditujukan sebagai pusat aktivitas seni budaya seperti pertunjukan musik, sendratari, orchestra, fashion show dan banyak lagi. Lotus Pond adalah semacam panggung terbuka berkapasitas 7500 orang yang sering dipakai untuk pagelaran berskala besar. Sedangkan di bagian lain dari Garuda Wisnu Kencana, terdapat Exhibition Gallery yang sering dipakai untuk pameran lukisan atau seni rupa dengan skala yang kurang lebih sama.

Kalo lagi nggak ada event apa-apa, berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana tetap menarik karena kamu bisa menikmati panorama Pulau Bali dari ketinggian, tepatnya di Indraloka Garden. Perut mendadak keroncongan? Yuk cicipi aneka kuliner khas Bali dan masakan dari berbagai penjuru dunia di food court yang berdekatan dengan area Street Theatre, semacam panggung terbuka lain buat event fashion show, yang ada di bagian depan Garuda Wisnu Kencana.

Di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park kamu juga bisa mengunjungi Wisnu Plaza, titik tertinggi di Garuda Wisnu Kencana di mana patung Dewa Wisnu nantinya akan ditempatkan. Di sini kamu bisa melihat patung Dewa Wisnu yang masih dalam proses pengerjaan, travelers. Kamu juga bisa berkunjung ke Parahyangan Somaka Giri, sebuah sumber air di Garuda Wisnu Kencana yang sarat dengan nuansa spiritual karena airnya tak pernah kering dan berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali beralamat di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Bali Selatan, 40 km dari Kota Denpasar. Cara paling mudah mendatangi taman budaya Garuda Wisnu Kencana yang luasnya mencapai 250 hektar ini adalah dengan berkendara dari Kuta, karena kalo di sini jaraknya lebih dekat dan cepat sampai.

Angkutan umum adalah sesuatu yang sulit didapat di Bali karena tidak setiap saat ada, travelers. Oleh karena itu, Pegipegi sarankan agar kamu mendatangi Garuda Wisnu Kencana dengan naik taksi, menyewa mobil atau sepeda motor. Tarifnya? Tergantung pada kelihaianmu menawar, travelers.

Mau jalan-jalan ke Bali sekarang dan selfi-selfian di Garuda Wisnu Kencana? Hubungi pegipegi yah karena cuma di sini kamu bakal dapetin info pemesanan tiket dan booking hotel terlengkap.

(Visited 1,594 times, 1 visits today)

Comments

To Top