Destinasi

Mengenang Masa Perjuangan Kemerdekaan di Monumen Yogya Kembali

Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berburu spot wisata bersejarahnya. Salah satu spot rekomendasi di mana kamu bisa ajak keluarga atau sahabat adalah Monumen Yogya Kembali.

Terletak di kawasan Ringroad Utara, Sariharjo, Monumen Yogya Kembali adalah sebuah museum perjuangan kemerdekaan Indonesia. Terdiri atas tiga lantai, monumen ini dibangun untuk mengenang momen ditariknya pasukan Belanda di Yogyakarta yang menjadi titik awal bebasnya Indonesia dari penjajahan.

Sudah brdiri sejak Juli 1989, Monumen Yogya Kembali menawarkan banyak sekali benda-benda bersejarah di ruang pameran. Salah satu yang bakal menarik perhatian kamu adalah penampakan replika Pesawat Guntai.

Di sebelah Timur, ada Pesawat Cureng yang terpampang nyata. Kedua model pesawat ini yang digunakan oleh TNI AU saat membalas serangan Belanda pada Agresi Militer 1, Juli 1947 silam di Yogyakarta.

Masuk ke dalam, para pengunjung bisa melihat berbagai senjata mesin yang digunakan para pejuang kala itu. Di sampingnya, terdapat dinding yang bertuliskan 420 nama pejuang yang gugur pada masa agresi militer Belanda di Yogyakarta.

Nggak cuma perlengkapan perang, Monumen Yogya Kembali juga menyajikan berbagai koleksi yang berhubungan dengan Serangan Satu Maret. Mulai dari seragam tentara pelajar hingga kuris tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman yang tertata rapi di ruang pameran.

Nah, buat main ke sini, kamu cukup menumpang bis kota dari kawasan Malioboro yang melintasi jalan Ringroad Utara. Tertarik main ke Monumen Yogya Kembali?

Sekalian liburan ke Yogyakarta! Yuk, pesan tiket pesawat ke Jogja, tiket kereta api, dan cari hotel di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top