Tips

Mengenali Modus Jual-Beli Tiket Kereta Api Palsu

Di musim mudik Lebaran seperti sekarang ini, tentunya banyak orang yang membutuhkan tiket kereta api untuk pulang kampung. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan kejahatan, salah satunya dengan melakukan modus jual-beli tiket kereta api palsu.

foto oleh: Dok. YouTube

Baru-baru ini, pihak keamanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) berhasil menangkap pelaku pemalsu tiket kereta api di Stasiun Kereta Api Gambir Jakarta dengan barang bukti 33 jenis tiket palsu. Meskipun pelaku kejahatan sudah ditangkap, namun tidak ada salahnya jika kita tetap berhati-hati. Terutama untuk travelers yang sedang berburu tiket kereta api. Seperti apa sih modusnya?

Pelaku biasanya mengintai korban di stasiun kereta api yang nggak kebagian tiket kereta api. Setelah mendapatkan korban, si pelaku mengajaknya berdialog. Kemudian, pelaku menjanjikan untuk mengusahakan tiket kereta api Lebaran dengan syarat korban menyerahkan fotokopi identitas atau KTP.

Pelaku pun memberikan harga tiket kereta api dan bikin janji lagi untuk bertemu beberapa hari kemudian. Selama proses menunggu, pelaku mendesain dan mencetak tiket kereta api semirip mungkin. Lalu, pelaku dan korban pun bertemu di suatu tempat untuk menerima uang dari korban sekaligus menyerahkan tiket kereta api palsu.

Ngeri banget kan kalau sampai kamu yang menjadi korban penipuan. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah pun menyarankan agar kita melakukan pemesanan tiket kereta api secara online di online travel agent , terpercaya seperti Pegipegi. Apalagi, booking tiket kereta api secara online banyak manfaatnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, booking tiket kereta api lewat Pegipegi!

pesan tiket kereta api lewat Pegipegi

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 224 times, 1 visits today)

Comments

To Top