Event & Festival

Mengenal Tradisi Salam Tempel di Indonesia Saat Lebaran

Tradisi salam tempel adalah tradisi yang masih dilakukan oleh orang Indonesia hingga saat ini ketika Lebaran. Salam tempel diberikan dalam bentuk angpao oleh orangtua kepada anak-anaknya. Biasanya, ini dilakukan para orang tua untuk mengapresiasi keberhasilan anak-anaknya karena sudah menjalankan puasa selama bulan Ramadhan, dengan harapan anak-anaknya akan kuat berpuasa lagi di Ramadhan berikutnya.

1. Asal usul salam tempel

Layaknya masyarakat Tionghoa, masyarakat Arab juga mempunyai tradisi memberi angpau. Di Arab tradisi ini disebut Eidiyah. Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, masyarakat Arab biasanya berkumpul di masjid, bersalam-salaman, dan memberi hadiah. Tradisi inilah yang kemudian juga dilakukan oleh masyarakat di Indonesia saat Lebaran yang lebih dikenal dengan sebutan salam tempel.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), salam tempel berarti salam yang disertai uang (atau amplop berisi uang) dan sebagainya yang diselipkan dalam tangan orang yang disalami. Tradisi memberikan uang saat setelah Shalat Ied ini pun terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.

hanabilqisthi.blogspot.com

hanabilqisthi.blogspot.com

2. Yang memberikan salam tempel

Salam tempel atau angpau biasanya nggak hanya diberikan oleh orangtua, tapi juga oleh kerabat dekat yang lebih tua, sudah bekerja, dan sudah menikah. Angpau juga biasanya diberikan oleh tetangga yang didatangi saat bersilaturahmi dan bermaaf-maafan setelah Shalat Ied.

icavin.blogspot.com

icavin.blogspot.com

3. Penerima salam tempel

Uang salam tempel biasanya diberikan kepada anak-anak yang masih kecil. Tapi terkadang, uang salam tempel atau angpau nggak hanya diberikan pada yang masih kecil. Yang sudah duduk di bangku SMA atau yang sudah kuliah pun juga diberikan angpau saat Lebaran oleh orangtua, om, tante, kakek, atau neneknya. Semua tergantung kebiasaan dalam lingkungan masing-masing. Biasanya jumlah atau nominal uang yang diberikan juga disesuaikan dengan usia penerimanya.

www.anakui.com

www.anakui.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Tradisi memberi dan mendapatkan angpau ini memang menyenangkan. Tapi, jangan sampai kamu beribadah dan bersilaturahmi hanya untuk mendapatkan angpau, ya. Nah sekarang, yuk lihat-lihat tiket pesawat murah, tiket kereta api murah dan hotel murah di pegipegi.com

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 604 times, 1 visits today)

Comments

To Top