Event & Festival

Mengenal Sejarah Hari Batik Nasional

Sebagian dari travelers pasti sudah tahu dong, bahwa setiap tanggal 2 Oktober kita memeringati Hari Batik Nasional. Jangan cuma menggunakan baju batik ketika Hari Batik Nasional, tapi kamu juga harus tahu mengenai sejarahnya. Kali ini, pegipegi ingin bahas, kenapa sih Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober?

batik

foto: m.tempo.co

Sebelumnya, batik pernah diklaim oleh Malaysia sebagai hak milik. Itulah sebabnya Indonesia berjuang agar batik Indonesia bisa menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia dan diakui oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Indonesia pun mengikutsertakan batik dalam proses nominasi yang dilakukan tanggal 3 September 2009. Kemudian, tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan bahwa batik adalah Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Indonesia.

Alasan UNESCO mengakut batik karena mereka menilai bahwa batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan kebudayaan lokal, status sosial, alam dan sejarah. Pemerintah lalu menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi Presiden Indonesia ketika itu menjadikan Hari Batik Nasional sebagai wujud rasa syukur dan mendorong masyarakat agar terus mengembangkan batik nasional.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Untuk merayakan Hari Batik Nasional, yuk, gunakan batik ketika tanggal 2 Oktober 2016! Kamu juga bisa menjelajah Indonesia sambil borong batik berkualitas untuk melestarikan batik. Ayo segera pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi! Selamat Hari Batik Nasional!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

(Visited 1,206 times, 1 visits today)

Comments

To Top