Event & Festival

Mengenal Perjalanan Laksamana di Cheng Ho Festival 2018 Semarang

Masih ingat dengan kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok ke Indonesia? Untuk mengingat perjalanan tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan para pemimpin Kelenteng Sam Poo Kong, Kelenteng Tay Kak Sie, dan Komunitas Cina Semarang untuk mengadakan Festival Budaya Cheng Ho (Cheng Ho Festival) pada 29 Juli 2018 di Semarang.

Sejak memulai ekspedisi pada tahun 1405 hingga Cheng Ho meninggal dunia pada 1433, beliau melakukan tujuh ekspedisi internasional berturut-turut, yaitu dengan mengunjungi 37 negara selama 28 tahun. Dalam ekspedisi ini, Cheng Ho mengincar negara-negara dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Dalam lima ekspedisinya ke Nusantara, Cheng Ho berhasil mengenalkan teknologi dan gaya hidup Tiongkok kepada penduduk. Di setiap tempat yang ia kunjungi, Cheng Ho juga menanamkan perasaan persaudaraan yang kuat dengan penduduknya melalui pembangunan masjid dan rumah doa yang menunjukkan akulturasi, memadukan budaya Islam dengan tradisi, dan kepercayaan lokal juga cara hidup orang Tionghoa.

Pada salah satu pelayarannya di abad ke-15, Cheng Ho menginjakkan kaki di pantai utara Jawa, tepatnya di Pantai Simongan, Semarang. Ia menemukan sebuah gua kecil di lereng bukit yang berbatu dan memilih tempat berdoa, kemudian membangun sebuah kelenteng kecil di lokasi tersebut.

Setelah tinggal sebentar, Cheng Ho meninggalkan Jawa, namun para perwiranya memutuskan untuk tinggal dan menetap di daerah tersebut. Mereka kawin silang dengan perempuan setempat terlihat dari banyak warga Simongan saat ini yang berasal dari keturunan Tionghoa. Di tahun-tahun berikutnya Sam Poo Kong (juga dikenal sebagai Gedung Batu) dibangun di tempat Cheng Ho berdoa dan bermeditasi. Kelenteng ini masih berdiri sampai sekarang dan merupakan kelenteng tertua di Semarang.

Festival akan dimulai dengan doa dan ritual, menyoroti pertunjukan seni, seminar dan pertemuan bisnis, juga puncak pawai budaya mulai dari Klenteng Tay Kak Sie dan pindah ke Kelenteng Sam Poo Kong. Ribuan orang akan mengikuti parade budaya 6 km yang membawa patung Laksamana Cheng Ho. Parade budaya mengikuti pelayaran yang dilakukan oleh laksamana hebat dan armadanya saat mereka mencapai Semarang.

Pengin ke Semarang buat nonton Cheng Ho Festival 2018 Semarang? Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Semarang Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Semarang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke semarang  pesan tiket kereta api murah ke semarang  cari hotel murah lain di semarang

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top