Tips

Mengenal Peraturan Bea Cukai Atas Barang Mewah di Bandara

Belanja barang mewah di luar negeri memang mengasyikan. Apalagi cukup banyak barang mewah yang harganya lebih murah dibandingkan yang dijual di Indonesia. Tapi, jangan sampai kamu kaget saat ditagih bea cukai dan pajak di bandara. Banyak wisatawan yang belum mengerti akan peraturan bea cukai di bandara.

Ada batas harga barang mewah yang dibeli

Batas harga barang yang dibeli dari luar negeri untuk orang pribadi adalah US$ 250 (sekitar Rp 3.314.500) per penumpang atau US$ 1.000 (sekitar Rp 13.258.000) per keluarga. Hal ini sudah ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188 Tahun 2010. Perhitungan bea masuk bisa kamu lihat di ilustrasi berikut.

foto oleh: Facebook

Tarif untuk pengenaan tersebut beragam mulai dari nol persen hingga lebih dari 100 persen, tergantung dari barang impor yang masuk. Semakin mewah, presentasinya semakin tinggi. Itu adalah tarif yang dikenakan bagi yang nggak punya NPWP. Jika memiliki NPWP, tarif yang dikenakan sedikit lebih ringan.

Barang-barang yang dikenakan bea masuk juga beragam dan masuk dalam kategori high value goods (HGV), seperti barang branded (tas, arloji, sepatu, dan lain-lain), perhiasan, suplemen dan obat-obatan, barang elektronik seperti kamera, laptop, ponsel. Hingga kosmetik, mainan, pakaian, dan peralatan olahraga.

Belajar untuk mengekang pengeluaran

Dengan adanya tarif bea masuk, mau nggak mau kita jadi belajar untuk mengekang pengeluaran saat belanja di luar negeri. Karena kalau tertangkap membawa banyak barang mewah saat di bandara, kita bisa dikenai bea masuk yang sangat tinggi. Kalau pun barang tersebut disimpan di bagasi, pastinya akan menimbulkan rasa cemas. Pasti kamu bakal khawatir barang tersebut rusak atau dicuri.

Oleh karena itu, belanjalah secukupnya dan sebaiknya barang mewah yang kamu beli langsung dipakai. Barang-barang seperti tas, pakaian, perhiasan, atau ponsel bisa dipakai langsung kan?

Nah, sudah ngerti kan tentang peraturan bea cukai atas barang mewah di bandara? Yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Foto utama: https://www.pymnts.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 317 times, 1 visits today)

Comments

To Top