Destinasi

Mengenal Museum Bank Mandiri, Tempat Putri Titian dan Junior Liem Menikah

Putri Titian dan Junior Liem baru aja menggelar pernikahan. Uniknya, resepsi pernikahan keduanya bukan digelar di resto atau hotel mewah, tapi di Museum Bank Mandiri, Kota Tua, Jakarta. Resepsi tersebut dilakukan secara tertutup, tapi travelers bisa melihat romantisnya pesta pernikahan Tian dan Junior lewat foto-foto yang mereka upload di Instagram. Warna putih mendominasi pesta pernikahan mereka, hal itu terlihat dari dekorasinya. Pemilihan warna putih tampak selaras dengan warna tembok museum.

putri titian dan junior liem1

Dok. Axioo Photography

putri titian dan junior liem2

Dok. Axioo Photography

 

Our happy entrance.. Thankyou @untitledbandjakarta you guys filled this moment with very romantic tunes Photo: @williamliee @axioo Makeup &hairdo: @christina_martha @petty_kaligis Bride’s Attire: @imeldahudiyono Groom’s Attire: @be_brillington Decoration: @airydesigns Lighting: @uplightproject @reizasunardi Electronic equipment: @qualitytechnic The Ring Box: @the.alegria Catering: @asriindocatering Wedding Organizer: @arteaorganizer MC: @udjudj @rico_cepero Photobooth & Sweet Treats:  @momentstogo Entertaiment: @untitledbandjakarta Sound system: #sonussoundsystem Wedding Cake: @eiffelcake Clown: @clownshouse |Talent by: @kenfantasy Valet service: #starvalet Cleaning Serice: #RatuAnggunEkaputri Dried flower: @magnolia_bouquet Invitation: @sanoesa X @peonyweddinginvitation Souvenir: @sanoesa Balloon: @fairyqueenbalon #MomentstorememberJunandTian A photo posted by Yunior Liem (@juniorliem) on

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Keren kan, travelers? Di tempat yang terkesan jadul dan bersejarah aja, kamu bisa menggelar resepsi pernikahan romantis ala Tian dan Junior. Ini membuktikan bahwa tempat wisata Indonesia memang sangat kaya, unik, sekaligus romantis. Mungkin aja setelah ini kamu jadi terinspirasi buat menggelar resepsi pernikahan di Museum Bank Indonesia juga, apalagi jika kamu dan pasangan adalah penggemar sejarah. Sebelum menggelar resepsi di sana, alangkah baiknya jika kamu mengenal museum legendaris ini lebih dalam.

Dulunya rumah sakit

Museum ini dulunya merupakan sebuah rumah sakit Binnen Hospital, kemudian digunakan oleh De Javasche Bank (DJB) pada tahun 1828. Pada tahun 1953, bank ini dinasionalisasikan menjadi Bank Sentral Indonesia atau Bank Indonesia. Penggunaan gedung ini sebagai kantor Bank Indonesia nggak berlangsung lama. Pada tahun 1962, Bank Indonesia pindah ke gedung yang baru. Setelah itu, gedung tersebut kosong dan nggak digunakan lagi, padahal gedung tersebut merupakan gedung yang mempunyai nilai sejarah tinggi dan terancam rusak apabila nggak dimanfaatkan dan dilestarikan.

Museum Bank Indonesia terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terdiri dari pintu masuk utama, pintu masuk belakang, ruang emas atau koleksi bank, ruang pengeluaran dan pengedaran, ruang perpustakaan, dan kafe. Sementara, lantai kedua terdiri dari lobi, ruang penitipan barang, ruang pelayanan pengunjung, ruang lokakarya teater, ruang pengantar sejarah pra Bank Indonesia, serta ruang pameran tetap.

museum bank indonesia

www.myindischool.com

Ditetapkan sebagai cagar budaya

Pemerintah akhirnya menetapkan Museum Bank Indonesia sebagai bangunan cagar budaya. Di samping itu, museum ini juga memiliki benda-benda dan dokumen-dokumen bersejarah yang perlu dirawat dan diolah agar dapat memberikan informasi yang sangat berguna bagi masyarakat.

Pelestarian Museum Bank Indonesia sejalan dengan kebijakan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang telah mencanangkan daerah Kota sebagai daerah pengembangan kota lama Jakarta. Bahkan, Museum Bank Indonesia diharapkan menjadi pelopor dari pemugaran atau revitalisasi gedung-gedung bersejarah di daerah Kota Tua.

Keberadaan Museum Bank Indonesia diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata bersama museum-museum lain yang saat ini sudah ada di sekitarnya, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, dan Museum Bahari. Museum Bank Indonesia juga diharapkan dapat menjadi wahana pendidikan dan penelitian bagi masyarakat Indonesia maupun internasional tentang fungsi dan tugas Bank Indonesia, selain sebagai wahana rekreasi.

museum bank indonesia

commons.wikimedia.org

museum BI

www.jakarta100bars.com

Kids friendly

Saat pertama masuk museum, kamu akan diarahkan untuk menonton film tentang sejarah Bank Indonesia terlebih dahulu. Film tersebut dijelaskan dengan karakter kartun yang bisa dimengerti oleh anak-anak usia 7-8 tahun ke atas.  Anak-anak bakal mengerti uang itu apa dan untuk apa. Bahkan, mereka juga bakal paham soal inflasi karena penjelasannya nggak dibuat ribet. Nggak heran jika Museum Bank Indonesia sering dijadikan sebagai tempat study tour anak sekolah.

Meskipun Museum Bank Indonesia kids friendly, tapi buat travelers yang membawa anak yang masih SD, jangan sampai si kecil dibiarkan keluyuran sendirian. Harus tetap dipantau terus, karena di sana banyak gang dan ruangan ber-furniture besar. Takutnya si kecil malah hilang atau terselip. Hihihi…

museum BI

yolaelfriede.blogspot.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang berada di luar Jakarta dan ingin survei tempat resepsi pernikahan di Museum Bank Indonesia atau sekadar jalan-jalan di sana, sekalian aja pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta lewat pegipegi.com. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Jakarta juga, ya! Dijamin harganya jauh lebih murah ketimbang tempat lain. Hihihi…

pesan tiket pesawat murah ke jakarta pesan tiket kereta api murah ke jakarta  cari hotel murah di jakarta

(Visited 1,675 times, 4 visits today)

Comments

To Top