Destinasi

Mengenal Kotagede, Kawasan Memesona di Yogyakarta

Kawasan Kotagede berjarak 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Kotagede pernah menjadi pusat kerajinan dan perdagangan. Juga masih merupakan pusat Kota Mataram. Tak heran jika banyak jejak pemukiman bangsawan yang masih atau pernah tinggal di sana. Kotagede pun sempat mengalami kemunduran karena efek Perang Dunia ke-II. Namun, pertumbuhan ekonomi di sana bangkit lagi berkat dunia pariwisata.

Suasananya yang aman dan damai, membuat Kotagede asyik dijelajahi dengan jalan kaki. Kebanyakan, arsitektur di pinggir jalan raya Kotagede ini akan mengingatkanmu pada bangunan-bangunan Eropa, namun masih tetap banyak sentuhan Jawanya.

Selain itu, di sepanjang jalan, kamu juga akan menemukan deretan toko yang cuma menjual kerajinan perak. Sebelumnya, cuma merupakan kerajinan turun menurun yang sudah ada pada zaman Mataram.

Juga masih banyak tempat wisata di sekitar Kotagede yang menyimpan banyak budaya dan sejarah, seperti Masjid Agung Kotagede, Makam Raja-Raja Mataram, Pasar Kotagede, dan sejumlah peninggalan sejarah Mataram yaitu Situs Watu Gilang. Di tempat ini juga dapat bekas reruntuhan benteng yang dapat ditemukan di kawasan tertua di daerah ini. Kamu juga dapat melihat toponim perkampungan yang masih mempertahankan tata kotanya seperti zaman dulu.

Pengin main ke Kotagede? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top