Kuliner

Mengenal Klapertart, Kue Khas Manado Saat Natal

Manado merupakan kota yang kebanyakan warganya adalah ummat Kristian yang merayakan Natal. Tidak heran jika ketika menjelang Natal di sana, ada begitu banyak hidangan Natal yang disajikan di sana. Salah satu kue andalan Natal khas Manado adalah klapertart. Kali ini Pegipegi pengin mengajak kamu untuk berkenalan dengan si manis yang satu ini.

Berbahan dasar kelapa

Aroma klapertart memang menggugah selera, soalnya kue ini bahan dasarnya adalah kelapa yang diolah dengan terigu, susu, telur, dan mentega. Sehingga menghasilkan kalori yang cukup tinggi. Namun, seiring perkembangannya, ada juga penjual klapertart yang mengolah klapertart dengan lemak dan pemanis rendah kalori.

Jenis klapertart ada dua macam. Ada yang dipanggang dan menggunakan roti, sehingga menghasilkan klapertart yang padat dan bisa dipotong layaknya kue tart. Ada juga yang tidak dipanggang dan menghasilkan tekstur sangat lembut dan langsung meleleh saat masuk mulut. Paling enak disantap saat masih dingin.

Klapertart sudah menjadi ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) dan masuk ke dalam makanan khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah. Rasanya pun juga sudah banyak macamnya, seperti keju, blueberry, cokelat, rum raisin, dan lain-lain.

Diadaptasi dari zaman penjajahan Belanda

Meskipun sudah menjadi ikon Sulawesi Utara, namun klapertart sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia, namun dari Belanda. Penjajahan Belanda juga memengaruhi kuliner di sana, salah satunya klapertart. Resep klapertart sendiri dibawa langsung oleh para pedagang Belanda. Penyebaran klapertart hanya sampai di Manado. Makanya, klapertart sering disangka sebagai makanan asli orang Manado.

Untuk menikmati klapertart asli Manado, tentunya kamu harus traveling ke Manado. Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah ke Manado lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke manado cari hotel murah di manado

Foto utama: http://resepgulaku.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top