Destinasi

Mengenal Kampung Cigadog, Sukabumi, Tempat Kelahiran Mak Erot

Siapa sih, yang nggak kenal dengan Mak Erot, si pemilik praktik pijat untuk membesarkan alat vital laki-laki? Dengan kepiawaiannya itu, nama Mak Erot menjadi terkenal di seantero Indonesia sebagai spesialis pembesar alat vital. Sayangnya, Mak Erot sudah meninggal dunia tanggal 9 Juli 2008 silam. Kini, keahlian Mak Erot tersebut sudah diwariskan kepada sang cucu, Haji Syaefulloh yang hingga kini masih melanjutkan praktik Mak Erot.

Kali ini, pegipegi pengin membahas sesuatu yang berhubungan dengan Mak Erot, yaitu tempat kelahirannya di Kampung Cigadog, Desa Caringin, Sukabumi. Mungkin aja kamu masih asing dengan Kampung Cigadog karena tempat ini nggak dijadikan sebagai destinasi wisata. Tapi, kamu perlu mengenal kampung ini, sekaligus beberapa tempat wisata di sekitarnya.

Mayoritas masyarakatnya bercocok tanam

Kondisi geografis Kampung Cigadog memang berbukit-bukit, tapi nggak menyurutkan masyarakat di sana untuk membangun lahan pertanian. Meski menjadi sumber mata pencaharian, tapi sektor pertanian nggak bisa jadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan primer dan sekunder mereka. Para petani tersebut hanya memetik hasil bertanamnya sebanyak satu atau dua kali dalam setahun. Karena, nggak semua petani di Kampung Cigadog memiliki lahan sendiri. Sebagian besar hanya bekerja sebagai buruh cangkul.

Jadi, kalau nggak mencangkul atau memanen tanaman, mereka nggak akan dapat penghasilan. Biasanya, anggota keluarga lain mencari nafkah hingga ke luar negeri dengan menjadi TKI (tenaga kerja Indonesia). Dengan demikian, mereka bisa mengirim uang melalui wesel kepada anggota keluarga yang masih tinggal di Kampung Cigadog.

Meskipun bekerja di luar negeri, tapi penghasilan mereka juga nggak terlalu besar. Kebanyakan dari mereka bekerja di Saudi Arabia dengan gaji sebesar 800 riyal per bulan. Kalau dijadikan ke kurs rupiah, penghasilan itu sekitar Rp 2,5 juta. Mereka rela jadi TKI dengan upah sebesar itu karena sudah nggak punya pilihan, apalagi kebanyakan warga Kampung Cigadog hanya lulusan SD.

cigadog

http://cdn.sindonews.net/

Bersebelahan dengan Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pelabuhan Ratu Sukabumi adalah salah satu destinasi menarik di Kabupaten Sukabumi. Karakteristiknya terdapat pada tebing karang tebal, ombak laut yang besar, dan panorama pantai yang memikati hati. Secara administratif, Pelabuhan Ratu Sukabumi adalah sebuah kecamatan yang terhimpun dari sembilan desa dan satu kelurahan. Letak geografinya yang berbatasan langsung dengan perairan lepas Samudera Hindia bakal menyuguhkan kamu sejumlah pesona wisata bahari yang mengagumkan. Mulai dari panorama yang indah hingga scuba diving yang berkesan.

Pelabuhan Ratu Sukabumi kerap dihubungkan dengan kisah mistis Nyi Roro Kidul. Tak lepas dari posisi pantainya yang merupakan bagian dari pantai selatan Jawa. Mitos dan kisah mistis tersebut adalah kearifan lokal dan menjadi bagian tak terpisahkan dari popularitas Pelabuhan Ratu Sukabumi yang masih tetap diminati hingga sekarang.

sukabumi1

www.initempatwisata.com

Dekat dengan Puncak Bukit Habibie

Puncak Bukit Habibie memang masih satu kawasan dengan Pelabuhan Ratu Sukabumi. Orang-orang menyebut bukit ini Puncak Bukit Habibie karena di ujung bukit ada villa milik Pak Habibie, mantan presiden Republik Indonesia. Keunikan Bukit Habibie adalah pemandangannya sangat indah ketika sunrise.

Ketika matahari masih terasa sangat terik, hawa di sekitar bukit masih tetap sejuk. Pemandangannya juga enak di mata. Karena, bukitnya didominasi warna hijau. Di sekitar sana juga terdapat banyak warung kopi. Kamu bisa memanfaatkan tempat itu untuk bersantai sambil minum kopi dan menikmati suasana yang tenang. Otomatis, pikiran kamu pun bakal rileks.

Di sepanjang jalan terdapat banyak petunjuk arah tempat wisata, hotel, villa, dan bungalow. Juga ada banyak pangkalan ojek antar jemput ke rumah Mak Erot, lho! Jadi, kalau kamu sudah sampai ke Puncak Bukit Habibie dan pengin berobat ke rumah Mak Erot, kamu tinggal minta bantuan ojek pangkalan aja. Hihihi…

puncak bukit habibie

www.kompasiana.com

Banyak “marketing Mak Erot” di Pemandian Cipanas

Di sekitar Pemandian Cipanas juga banyak tukang ojek berkeliaran yang menawarkan jasa antar ke tempat praktik Mak Erot. Soalnya, tempat wisata ini hanya berjarak 15 km dari Pelabuhan Ratu Sukabumi. Nggak heran, ya, kalau tempat praktik tersebut ramai dan banyak peminatnya. Kalau datang ke Pemandian Cipanas, bukan berarti kamu harus berkunjung ke rumah Mak Erot, kok. Kamu bisa menikmati semburan air panas di sana sambil bersantai.

Keunikan pemandian air panas tersebut adalah air panasnya keluar dari Pemandian Air Panas Cisolok yang bersumber dari geyser (air panas yang keluar dari kerak bumi). Hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan menumpuk bebatuan di celah-celah bagian air yang keluar, sehingga air menyembur ke atas hingga ada yang mencapai ketinggian sekitar 3 meter. Pemandangan ini tentu aja menjadi daya tarik unik bagi para wisatawan. Apalagi, air panas di sana dipercaya dapat mengobati rematik dan penyakit kulit.

cipanas

www.disparbudporakabsukabumi.co.id

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Eksotik banget kan tempat wisata di dekat Kampung Cigadog? Jika kamu ingin liburan ke sana, sekaligus menjelajah Sukabumi, kamu bisa sekalian pesan hotel murah di Sukabumi lewat pegipegi.com. Dijamin harganya lebih murah daripada tempat lain! Selamat liburan.

cari hotel murah di sukabumi

(Visited 730 times, 1 visits today)

Comments

To Top