Berita

Mengenal Cold Brew, Teknik Bikin Kopi yang Kekinian

Ada banyak cara untuk menikmati kopi, salah satu cara yang kekinian adalah dengan teknik cold brew. Yaitu, teknik menyeduh kopi hitam dengan air dingin atau air suhu ruang selama 12-24 jam untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kebanyakan dari kita pastinya sudah nggak asing dengan kopi cold brew. Makanya, Pegipegi pengin mengajak travelers untuk mengenal cold brew lebih dalam.

Menghasilkan kopi yang lebih pekat

Teknik cold brew bisa kamu lakukan sendiri di rumah, yaitu dengan merendam bubuk kopi favorit kamu di gelas dan didiamkan dan disaring. Atau menggunakan alat penyeduh kopi khusus seperti french press atau cold drip. Teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang lebih pekat, sehingga menghasilkan rasa dan aroma kopi yang lebih halus, juga manis. Nantinya kopi bisa langsung diminum sebagai kopi hitam, susu, gula, atau krimer.

Tingkat keasaman pada kopi cold brew juga lebih rendah ketimbang jenis kopi lainnya, sehingga menghasilkan rasa kopi yang lebih manis. Tingkat pH kopi cold brew adalah 6,31, sedangkan pada kopi panas, pH-nya 5,48 (semakin rendah angkanya, semakin asam kopinya). Karena tingkat keasamannya rendah, kopi cold brew bisa disimpan lebih lama ketimbang kopi lainnya. Penyimpanannya bisa sekitar satu bulan di lemari es.

Berbeda dengan es kopi biasa

Kopi cold brew tentunya berbeda dengan es kopi. Kopi cold brew sama sekali nggak menggunakan air panas, sedangkan es kopi sebelumnya diseduh dulu dengan air panas, kemudian baru mengalami penurunan suhu. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi cold brew adalah sekitar 40 miligram, sedangkan kopi yang diseduh dengan air panas, kafeinnya lebih tinggi, yaitu 62 miligram.

Persamaan kopi cold brew dengan jenis kopi lain, seperti kopi tubruk, espresso, dan lain-lain adalah sama-sama tidak mengandung lemak, protein, karbohidrat, dan lain-lain. Namun, ketika kopi tersebut ditambahkan perasa atau pemanis, nilai gizinya baru berubah.

Karena tingkat keasamannya lebih rendah, kopi cold brew cocok untuk orang-orang yang sensitif terhadap kafein atau yang memiliki masalah pencernaan, seperti maag dan asam lambung. Minuman yang rendah asam juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan tulang, mencegah massa otot hilang, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan memori, dan mencegah hipertensi atau stroke.

Nah, untuk kamu yang suka banget minum kopi, kopi cold brew ini bisa jadi andalan untuk acara ngopi berikutnya, terutama ketika kamu traveling. Agar bujet traveling kamu lebih terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 141 times, 1 visits today)

Comments

To Top