Destinasi

Mengenal Budaya Islam di Solo Lewat Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta berada di sekitar Alun-alun Utara Keraton Surakarta, tepatnya di bagian barat. Masjid ini memiliki posisi penting dalam penyebaran Agama Islam di Solo. Dulunya bernama Masjid Ageng Keraton Hadiningrat dan dibangun oleh Pakubuwono III sekitar tahun 1749.

Pembangunan masjid ini nggak lepas dari peran penting yang dipegang oleh seorang raja pada saat itu. Ketika itu, raja tidak hanya menjadi pemangku kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan, tapi juga sebagai penyiar agama. Selain itu, pemilihan lokasi masjid yang dekat dengan keraton terinspirasi dari Masjid Agung Demak yang juga dibangun di dekat keraton dan Alun-alun Keraton.

Masjid Agung Surakarta berdiri di atas lahan seluas hampir 1 hektar dengan ukuran 34,2 meter x 33,5 meter dan mampu menampung sekitar 2.000 jamaah. Sepanjang perjalanannya, masjid ini telah melalui beberapa penambahan dan renovasi.

Bangunan yang pertama dibuat adalah bagian utama masjid. Penambahan pertama dilakukan oleh Pakubuwono IV, yang memberikan kubah di bagian atas masjid. Tidak seperti kubah pada umumnya yang bergaya Timur Tengah, kubah pada masjid ini bergaya Jawa. Bentuknya menyerupai paku bumi.

Penambahan berikutnya dilakukan oleh Pakubuwono X yang membangun sebuah menara di sekitar masjid serta sebuah jam matahari untuk menentukan waktu sholat. Pintu masuk masjid pun mengalami perubahan pada masa Pakubuwono X. Pintu bercorak gapuran bangunan Jawa beratap limasan diganti menjadi bercorak Timur Tengah yang terdiri dari tiga pintu, dengan pintu yang berada di tengah lebih luas dari kedua pintu yang mengapitnya.

Sementara, Pakubuwono XIII membangun kolam yang mengitari bangunan utama masjid. Pembangunan kolam ini dimaksudkan agar setiap orang yang akan masuk ke dalam masjid dalam keadaan bersih. Tapi, karena berbagai alasan, kolam ini tidak lagi difungsikan. Selain itu, Pakubuwono XIII juga membangun ruang keputren dan serambi di bagian depan. Penambahan terakhir dilakukan oleh Pemerintah Surakarta. Masih di area masjid, ditambahkan beberapa bangunan dengan fungsi berbeda. Ada perpustakaan, kantor pengelola, dan poliklinik.

Pengin main ke Masjid Agung Surakarta? Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Solo Pegipegi, ya! Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Solo, ya!

pesan tiket pesawat murah ke Solo  pesan tiket kereta api murah ke  Solo  cari hotel murah lain di Solo

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top