Berita

Mengenal Bipolar, Gangguan Mental dengan Perubahan Suasana Hati

Belum lama, kita mendapat berita tentang Dolores O’Riordan, vokalis band The Cranberries yang meninggal karena menderita bipolar. Kasus bipolar tersebut bukanlah hal langka, karena sudah cukup banyak yang mengalami bipolar. Selebriti lain yang mengalami bipolar antara lain Demi Lovato, Mel Gibson, Carrie Fisher, Marshanda, dan lain-lain. Kebanyakan dari kita suka menganggap bipolar sebagai hal yang biasa, padahal gangguan mental seperti ini sangatlah serius dan harus ditangani.

Perubahan suasana hati secara drastis

Perubahan suasana hati penderita bipolar terjadi secara drastis. Misalnya saat sedang sedih, tiba-tiba bisa berubah jadi bahagia. Terdapat dua episode dalam bipolar, yaitu episode mania (fase naik) dan depresi (fase turun). Nama lain dari bipolar adalah manik depresif.

Perputaran suasana hati pada penderita bipolar, ada yang mengalami keadaan normal di antara mania dan depresi, ada yang mengalami perputaran cepat dari mania ke depresi atau sebaliknya tanpa ada periode normal (rapid cycling). Bahkan, ada juga yang mengalami periode manik dan depresi secara bersamaan. Gejala tersebut dinamakan periode campuran.

Ciri-ciri gangguan bipolar

Episode manik

Perilaku bipolar bisa menyerang seseorang selama beberapa jam, hari, atau minggu. Perilaku mereka yang tidak terkendali menyebabkan mereka tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk beberapa kasus, penderita harus dilarikan ke rumah sakit. Inilah yang terjadi pada episode manis dengan ciri-ciri berikut.

  • Merasakan kegembiraan yang meluap-luap.
  • Tidak bisa diam dan harus terus bergerak.
  • Bicaranya cepat sekali hingga sulit dipahami.
  • Tidak bisa tidur dan nggak mengantuk di malam hari, tapi ketika pagi hari nggak merasa ngantuk sama sekali.
  • Bisa bertingkah sembrono di luar akal sehat, misal bertengkar, melakukan hubungan seksual dengan orang asing tanpa kondom, mengundurkan diri dari pekerjaan, mabuk, berkendara ugal-ugalan, dan lain-lain.
  • Tidak bisa membedakan mana yang nyata dengan yang hanya ada di pikirannya.
  • Lebih waspada terhadap sekelilingnya, mulai dari barang jatuh, suara, atau sentuhan.

Episode depresi

Sedangkan pada episode depresi, penderita akan menunjukkan rasa sedih dan putus asa yang tidak wajar. Ciri-cirinya sebagai berikut.

  • Kehilangan minat pada kegiatan yang tadinya dinikmati.
  • Menarik diri dari lingkungan dan orang terdekat.
  • Bicara sangat lambat, kadang seperti orang sedang melantur.
  • Tiba-tiba kehilangan energi secara drastis. Biasanya nggak meninggalkan tempat tidur hingga berjam-jam atau berhari-hari.
  • Mengalami gangguan daya ingat, konsentrasi, dan nalar.
  • Terobsesi terhadap kematian dan ingin bunuh diri.
  • Perubahan pola makan secara drastis, bisa nafsu makan meningkat atau menghilang.
  • Terus-menerus merasa bersalah dan tidak berguna.

Penyebab bipolar

Banayk yang berpendapat bipolar disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat pengontrol fungsi otak. Ada juga yang berpendapat bahwa bipolar berkaitan dengan faktor genetik (keturunan). Dan masih ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terserang bipolar, yaitu mengalami stres berat, juga kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Cara mengatasi bipolar

Gangguan bipolar kemungkinan besar akan diderita seumur hidup. Oleh karena itu, dukungan dari keluarga dan sahabat sangat dibutuhkan. Mereka sangat sulit untuk meminta dukungan, jadi kitalah yang harus peka dengan keadaan mereka. Mulai dengan menjadi pendengar yang baik, tidak menghakimi perbuatan atau keadaan mereka, sampai menjadi teman di suka maupun duka. Sehingga, mereka bisa bersosialisasi secara normal dengan orang sekitar.

Penderita bipolar sebaiknya menghindari minum alkohol, melakukan gaya hidup sehat, dan rutin melakukan aktivitas di luar rumah dan sering terkena sinar matahari. Juga jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, karena dokter akan memberikan obat-obatan yang cocok untuk diminum penderita.

Sumber info: Tirto, Kompas, Hello Sehat, Alo Dokter

Daripada stres berlebih, yuk, atur segera liburan kamu selanjutnya dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top