Tips

Mengenal Bahaya Kaporit di Kolam Renang dan Cara Mengatasinya

bahaya-kaporit

Berenang ketika traveling memang asyik untuk dilakukan, apalagi berenang punya banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Berenang pun makin terasa nyaman karena biasanya petugas hotel selalu membersihkan kolam renang dengan kaporit. Bahan yang terkandung di kaporit bisa membunuh bakteri di kolam renang. Tapi, kaporit berbahaya untuk kesehatan dan kecantikan, lho. Yuk, kenali bahayanya dan simak cara mengatasi kaporit masuk ke dalam tubuh!

Bahaya kaporit bagi kesehatan dan kecantikan

1. Perih jika terkena mata

Makin banyak pengunjung yang berenang, kaporit yang dipakai untuk membersihkan kolam renang pastinya makin banyak. Ciri-ciri kolam renang yang menggunakan banyak kaporit adalah bau bahan kimianya sangat menyengat. Jika terkena mata bakal membuat matamu perih.

2. Bersifat karsinogenik dan bisa merusak sel tubuh

Menurut penelitian, jika kaporit dilarutkan ke air bakal menghasilkan senyawa kimia sampingan yang bernama Trihalometana (THM). Senyawa tersebut dianggap sebagai penyebab produksi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengakibatkan sel-sel tubuh rusak dan bersifat karsinogenik (bisa menyebabkan kanker).

3. Menyebabkan kulit kering, kusam, dan penuaan dini

Kaporit bisa merusak lapisan kolagen pada kulit. Hal ini bisa mengakibatkan kulit jadi kering, kusam, dan tampak tua sebelum waktunya.

4. Bahaya untuk kulit kepala dan rambut

Kaporit bisa mengakibatkan iritasi kulit kepala. Jika kamu mengalami masalah ketombe, keadaan kulit kepala bisa makin parah. Selain itu, rambut kamu juga bisa mengalami kerontokan. Jika rambut kamu sering diwarnai, keriting, atau rebonding, rambut yang terkena kaporit juga akan mudah patah, kering, susah diatur, kusam, dan kasar.

Cara Mengatasi bahaya kaporit

1. Berenang di kolam renang terbuka

Sebaiknya, kamu berenang di kolam renang terbuka. Karena, sirkulasi udara yang cukup bakal bikin kaporit cepat melayang di udara. Bakal lebih baik lagi jika kolam renang terbukanya menggunakan air asin.

2. Membilas tubuh sebelum berenang dengan air bersih

Bahan kimia bernama Chloramine terbentuk ketika kaporit bereaksi dengan ammonia yang berasal dari keringat. Membilas tubuh dengan air bersih sebelum berenang bisa menghilangkan kelebihan keringat yang dapat bereaksi dengan kaporit, sehingga mengurangi pembentukan Chloramine pada kulit. Chloramine berbahaya karena berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan, seperti yang pegipegi jelaskan sebelumnya.

3. Oleskan body butter ke tubuh dan minyak kelapa ke rambut

Kulit yang sehat memiliki lapisan yang disebut mantel asam. Lapisan tersebut terbentuk dari sekresi kelenjar sebaceous kulit dan berfungsi sebagai pertahanan ketika bakteri, virus, dan bahan kimia memasuki kulit. Saat kita mandi dengan sabun atau berenang di kolam yang berkaporit, mantel asam akan hilang. Cara mengakalinya adalah mengolesi tubuh dengan body butter yang mengandung minyak kelapa. Karena, minyak kelapa juga bersifat asam. Untuk rambut, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa.

4. Netralkan dengan vitamin C

vitamin-c

foto dari: tokopedia.com

Vitamin C bisa menetralkan kaporit dan Chloramine. Sekarang, sudah banyak dijual vitamin C untuk kencantikan dalam bentuk spray. Setelah selesai berenang, kamu bisa menyemprotkan vitamin C tersebut ke kulit dan rambut. Gosok perlahan dan bilas dengan air bersih yang tidak terkontaminasi kaporit. Setelah itu, kamu bisa kembali mengoleskan minyak kelapa untuk membantu menggantikan mantel asam yang hilang.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sudah tahu kan cara mengatasi kaporit masuk ke dalam tubuh? Kamu pasti sudah tidak takut berenang ketika traveling, dong? Maka dari itu, ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 250 times, 2 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top