Destinasi

Mengenal Alam Lebih Dekat di Desa Wisata Nglinggo

Penat dengan rutinitas sehari-hari memang sukses bikin stres jika nggak ada ‘pelariannya’. Nah, khusus buat kamu yang tinggal atau sedang berkunjung ke Jogja, ada tempat wisata asyik, nih, yang bisa jadi sarana relaksasi dan melarikan diri dari kesibukan perkotaan. Ajak keluarga kamu menikmati indahnya pemandangan serta hawa segar pegunungan di desa wisata Nglinggo. Di sini kamu bisa menyusuri kebun teh dan melakukan berbagai aktivitas seru. Mau tahu apa saja? Yuk, cari tahu di sini bersama pegipegi!

1. Pemandangan indah
Ketika pergi ke Jogja, pergilah ke arah barat, menyusuri perbukitan di wilayah Kulonprogo, di kelurahan Pagerharjo. Di situlah kamu akan menemukan desa wisata Nglinggo, terutama kebun teh yang mencuri perhatian. Masih satu kawasan dengan Puncak Suroloyo, kebun teh ini menjadi pesona utama karena terletak di ketinggian 800 m dpl. Bayangkan asyiknya menyusuri petak demi petak kebun teh sambil menikmati bukit batu yang memiliki bentuk unik, hutan pinus yang lebar, serta hamparan lembah hijau.

Menyusuri perkebunan teh

hanafipray.wordpress.com

2. Air terjun terpencil
Nggak hanya menyusuri kebun teh, desa wisata Nglinggo punya air terjun yang berada di ketinggian 900 m dpl. Biasa disebut sebagai Grojogan Watu Jonggol oleh penduduk sekitar, akses ke tempat ini memang nggak mudah. Kamu harus trekking melewati medan yang cukup menantang karena lokasi curug ini terpencil. Tapi nilai plusnya, lokasi yang tersembunyi membuat Grojogan Watu Jonggol terlihat masih sangat alami. Makin asri lagi karena di sekitarnya dipenuhi aneka flora dan fauna khas dataran tinggi.

curug watu jonggol

www.pinterest.com

3. Kembali ke alam
Ada alasan kenapa desa ini sampai menyabet gelar juara 3 dalam lomba Desa Wisata Nasional pada beberapa waktu lalu. Jika berkunjung ke sini, kamu akan melihat betapa kompaknya penduduk menjaga kelestarian desa, serta melengkapi desa dengan berbagai fasilitas. Nggak heran, pengunjung bisa menginap di rumah warga sekitar dengan paket homestay, atau menjajal beragam paket seru yang ditawarkan. Misalnya, wisata pertanian di mana kamu bisa mencoba memetik teh, membuat teh sangrai, membuat minyak atsiri dari bunga dan biji-bijian, bahkan berternak kambing.

pembuatan teh sangrai

nglinggo.wordpress.com

4. Kesenian tradisional
Puas menikmati pemandangan indah, jangan lewatkan mengasah kreativitas kamu di bidang seni dengan membatik, membuat topeng, serta belajar main wayang dan menari tradisional khas Jawa. Bisa juga melihat pertunjukkan seni tradisional yang digelar penduduk sekitar bersama seniman lokal. Lelah beraktivitas seharian, kamu juga bisa beristirahat di gazebo sederhana yang ada di sela-sela kebun teh sambil menikmati pemandangan.

menyaksikan tari lengger tapeng

nglinggo.wordpress.com

Nah, bagaimana travelers? Makin penasaran, kan, dengan keindahan desa wisata Nglinggo? Buruan atur perjalanan kamu sekarang juga dengan pegipegi, ya! Karena cuma di sini yang berani kasih jaminan harga termurah!

(Visited 578 times, 1 visits today)

Comments

To Top